Meski Hari Libur, Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini Masih Terburuk Nomor Satu Dunia

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 20 Agustus 2023 | 10:41 WIB
Penampakan polusi udara di Jakarta (Sinpo.id/Ashar)
Penampakan polusi udara di Jakarta (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  DKI Jakarta menempati peringkat pertama kota dengan kualitas udara terburuk sedunia hari ini, Minggu 20 Agustus 2023. Meski hari libur, tingkat polusi udara di Jakarta berada pada level tidak sehat.

Data tersebut diambil berdasarkan parameter kualitas udara IQAir. Dari 108 negara, indeks kualitas udara Jakarta mencapai angka 155 US Air Quality Index (AQI US).

Data itu tercatat pada pukul 9.30 WIB pagi ini. Polutan utama berukuran PM2.5 dengan konsentrasi 63.2 µg/m³. Angka Konsentrasi itu, 12,6 kali nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Warga DKI Jakarta dan sekitarnya disarankan untuk memakai masker apabila akan beraktivitas di luar rumah atau outdoor.

Selain itu, masyarakat juga disarankan untuk menghindari aktivitas outdoor. Juga menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor serta nyalakan penyaring udara.

Kondisi udara Jakarta di dua hari terakhir yakni 18-19 Agustus 2023 juga masuk pada kondisi tidak sehat bagi kelompok sensitif. Tercatat, range atau tingkat polusi udara berada pada 120-141 AQI US.

Sementara itu, suhu di Jakarta pagi ini adalah 30 derajat celsius dengan kelembapan 60 persen, gerak angin 13 km/h, dan tekanan sebesar 1013 milibar.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI