NasDem: Tak Ada Deklarasi Cawapres saat Apel Perubahan

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 12 Juli 2023 | 17:47 WIB
Waketum DPP NasDem Ahmad Ali (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Waketum DPP NasDem Ahmad Ali (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Partai NasDem memastikan tidak akan ada deklarasi bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Anies Baswedan pada Apel Siaga Perubahan (ASP) yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Waketum DPP NasDem yang juga Ketua Pelaksana ASP Ahmad Ali menegaskan, urusan Cawapres sudah sepenuhnya diserahkan kepada Anies Baswedan sebagai bakal Calon Presiden (Capres) yang diusung NasDem.

"Pastinya bahwa Partai Nasdem tidak akan masuk pada ruang yang mana, kewenangan itu sudah kita serahkan mas anies, bahwa nanti tidak ada deklarasi calon wakil presiden dari Partai koalisi," kata Ali kepada wartawan di Kantor NasDem Jakarta Pusat, Rabu 12 Juli 2023.

Ali menjelaskan, Partai Nasdem dan partai politik (Parpol) pada Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) telah memberikan mandat secara penuh kepada Anies untuk menentukan Cawapres-nya pada Pilpres 2024.

Sejauh ini, lanjut Ali, KPP masih menunggu Anies mengumumkan Cawapres-nya. Parpol pada KPP terus mendorong agar Anies melakukan pertemuan politik dengan beberapa tokoh yang potensial dijadikan Cawapres.

"Kami sedang menunggu mas anies menggunakan mandat yang diberikan oleh tiga parpol untuk lakukan komunikasi politik dengan tokoh-tokoh potensial yang ada di Indonesia ini," katanya.

"Sehingga belum ada pernyataan kepada kami sebagai parpol yang mengusung mas Anies kapan akan deklarasikan pasangan calon wapres tersebut," sambungnya.

Atas dasar itu, kata Ali, NasDem memastikan terkait nama Cawapres yang bakal diusung KPP hanya Anies yang menentukan.

"Hari ini tidak ada satu orang pun yang berhak mewakili Anies untuk mengatakan tentang kapan, di mana, siapa, calon wakil presiden, kapan diumumkan wakil presiden, selain Anies Rasyid Baswedan," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI