Gerindra: Gagasan Prabowo Soal Konflik Rusia-Ukraina Demi Ketersediaan Pangan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 10 Juni 2023 | 10:59 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan gagasan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengenai perdamaian Rusia dan Ukraina demi memastikan ketersediaan pangan di dunia. Khususnya, memenuhi pangan Indonesia.

"Pak Prabowo berpikir bukan hanya tentang perdamaian dunia bisa terjaga, melainkan juga tentang kepastian dan ketersediaan bahan pangan di Indonesia bisa terpenuhi. Perang Rusia dan Ukraina juga menyebabkan harga BBM dunia melambung tinggi sehingga perdamaian harus segera tercipta," kata Muzani melalui keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 10 Juni 2023.

Menurut dia, konflik antara Ukraina dan Rusia berpotensi membuat produksi pupuk di Indonesia menurun. Sebab, kedua negara tersebut merupakan penghasil pupuk terbesar di dunia.

"Ukraina dan Rusia adalah penghasil pupuk terbesar di dunia. Negara itu mengekspor pupuk ke negara-negara dunia. Akibat perang, bahan baku pupuk tidak bisa diproduksi dan semua negara kekurangan bahan baku pupuk. Akibatnya, produksi pupuk di Indonesia turun, subsidi pupuk turun, petani sulit, bahan pangan jadi mahal," kata dia.

Untuk itu, Muzani meminta seluruh pengurus Partai Gerindra untuk menyosialisasikan tujuan politik Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Salah satu tujuannya ialah menjadi tokoh yang bisa menyatukan rakyat.

"Turun temui rakyat. Yakinkan rakyat dengan spanduk, dialog, dengarkan keluh kesah mereka. Sampaikan bahwa kekuasaan yang akan digunakan Prabowo apabila diberi kesempatan memimpin Indonesia itu diperuntukkan untuk menyatukan rakyat, membela kepentingan rakyat, membela rakyat kecil, petani, nelayan, buruh, dan pedagang," ujar Muzani.

Sebelumnya, Prabowo menyampaikan sejumlah usulan untuk resolusi damai atas konflik yang terjadi menyusul invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022. Ini disampaikan Ketua Umum Partai Gerindra itu saat menghadiri forum Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) Shang-ri La Dialogue 2023 di Singapura, Sabtu, 3 Juni 2023.

Dia menyampaikan empat usulan, yakni gencatan senjata di titik-titik konflik, penarikan mundur pasukan kedua pihak sejauh 15 kilometer untuk menciptakan zona demiliterisasi, pengutusan pasukan pemantau perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan penyelenggaraan referendum oleh PBB di wilayah-wilayah yang oleh Prabowo disebut sebagai daerah sengketa.sinpo

Komentar: