PEMILU 2024

Ahmad Ali Prediksi Terjadi Kegaduhan Pasca Putusan MK Putuskan Soal Sistem Pemilu

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 07 Juni 2023 | 03:40 WIB
Gedung Mahkamah Konstitusi (SinPo.id/ National Geographic)
Gedung Mahkamah Konstitusi (SinPo.id/ National Geographic)

SinPo.id -  Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Ali mengatakan akan terjadi kegaduhan apabila Mahkamah Konstitusi memutuskan sistem pemilu menerapkan proporsional tertutup. Jika sistem pemilu proporsional tertutup dipilih, kata dia, maka akan menimbulkan kegaduhan, sebab, banyak pihak yang dirugikan. Dan, partai politik harus bersiap menghadapi situasi tersebut.

“Saya perkirakan akan ada kegaduhan, karena dari sisi calegnya kurang lebih ada 300 ribu caleg, ya merasa dirugikan hak-haknya. Karena tahapan pemilu sudah berjalan dengan menggunakan sistem terbuka dan PKPU sudah melaksanakan tahapan,” kata dia,  dalam keterangannya pada Selasa 6 Juni 2023. 

Menurut dia, polemik sistem pemilu di Mahkamah Konstitusi seharusnya 
tidak perlu dibahas lagi. Mengingat tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan dan tensi sudah mulai meningkat. 

“Jadi MK harus memperhatikan betul aspirasi, rasa keadilan masyarakat. Ini tidak betul-betul bicara secara hukum, tapi rasa keadilan terhadap masyarakat,” kata dia.

Untuk itu, dia mendesak Mahkamah Konstitusi memperhatikan aspirasi rakyat dalam memutuskan gugatan sistem pemilu. Menurutnya, MK perlu menjaga integritas dan berani mengatakan kepada partai yang menghendaki proporsional tertutup, bahwa keputusan menentukan sistem pemilu bukanlah kewenangan MK, tetapi kewenangan pembuat UU.

“Karena akhir-akhir ini lembaga survei menyampaikan, kepercayaan publik terhadap MK terus menurun. Jadi, batasan-batasan kewenangan itu harus menjadi penjaga moral MK,” ujarnya.sinpo

Komentar: