FIFA Gelontorkan USD 7,3 Juta untuk Bantu Sepak Bola Indonesia

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 07 Juni 2023 | 03:46 WIB
Presiden FIFA, Gianni Infantino (AFP/JOHAN ORDONEZ)
Presiden FIFA, Gianni Infantino (AFP/JOHAN ORDONEZ)

SinPo.id -  FIFA menganggarkan senilai USD 7,3 juta untuk membantu sepak bola Indonesia. Uang itu akan dipergunakan membangun fasilitas olahraga di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“FIFA sudah mengalokasi dana kurang lebih USD7,3 juta, sehingga ini fasilitas yang luar biasa. Di sana ada lima lapangan sepak bola, satu lapangan bola pantai, satu lapangan futsal, di situ juga nanti didukung dengan tentu sport science dan tempat istirahat yang memadai,” kata 
Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir dalam keterangannya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin 5 Juni 2023.

Untuk itu, kata dia, pemerintah terus mendukung pengembangan sepak bola Indonesia melalui penerapan sport science, pembangunan infrastruktur, serta program berkelanjutan dan jangka panjang. Demikian disampaikan 

“Satu, kita akan menerapkan sport science. Yang kedua, pembangunan infrastruktur yaitu salah satunya training camp yang ada di IKN (Ibu Kota Nusantara) yang di mana pemerintah memberikan tanah dan membangun infrastruktur dasar,” tuturnya.

Selanjutnya, Erick mengatakan bahwa pemerintah akan membangun program berkelanjutan bagi pemain muda tim nasional sepak bola Indonesia. Seperti pemain U-16 dan U-17 saat ini yang nantinya akan dipersiapkan untuk masuk ke dalam laga U-20 dan U-22.

“Untuk U-20 dan U-22 ini tentu kita sudah prioritaskan di bawah pelatih Coach Indra untuk mencoba di ASIAN Games sebagai tentu apresiasi dan kembali tes nyali. Dan juga sebagian dari pemain U-20 dan 22 ini yang belum memiliki klub itu akan masuk ke—tentu klub Bhayangkara sebagai program keberlanjutan untuk tim nasional muda ini,” ujar Erick.

Lebih lanjut, Erick mengatakan bahwa pemerintah juga akan mendukung program jangka panjang dari pengembangan sepak bola di Indonesia.

“Tadi saya memberanikan diri, kita akan memaparkan program jangka panjang, tentu PSSI akan mencari uang sendiri juga tapi alhamdulillah tadi Pak Presiden, Pak Menpora juga ikut menjadi bagian membangun sepak bola program jangka panjang ini,” tuturnya.sinpo

Komentar: