Pengamat: Tingginya Elektabilitas Prabowo Karena Ada Faktor Endorse Jokowi

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 06 Juni 2023 | 22:55 WIB
Kebersamaan Prabowo dengan Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Tim Media)
Kebersamaan Prabowo dengan Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus meningkat. Dalam survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia, Prabowo meraup 38 persen dari total 1.230 responden.

Jumlah ini jauh melampaui rivalnya, Ganjar yang berada di urutan kedua dengan 34,2 persen dan Anies Baswedan 18,9 persen.

Menanggapi hasil survei tersebut, Pengamat Politik, Bawono Kumoro menilai bahwa meningkatnya suara Prabowo tak lain karena adanya faktor dari endorsement Presiden Joko Widodo.

"Sangat mungkin sekali peningkatan dukungan terhadap Prabowo dari basis pemilih Joko Widodo-Maruf Amin disebabkan endorsement, baik secara tersirat maupun tersurat dari Presiden terhadap Prabowo dalam sejumlah kesempatan," kata Bawono kepada Sinpo.id, Selasa, 6 Juni 2023.

Dikatakan Bawono, masuknya Prabowo ke kabinet Jokowi-Ma'ruf juga menjadi salah satu indikator meningkatnya dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. Pasalnya, para pemilih Jokowi-Ma'ruf jadi yakin Prabowo bisa meneruskan program-program yang telah dijalankan Jokowi selama ini.

"Salah satu sebab dari lonjakan tingkat elektabilitas itu tidak dapat dimungkiri dikarenakan Prabowo Subianto perlahan-lahan semakin mampu menarik dukungan dari pemilih Joko Widodo di pemilu lalu,"

"Temuan hasil survei telepon Indikator periode 26 - 30 Mei ini elektabilitas Prabowo Subianto mencapai 38.0 persen dalam simulasi tiga nama. Jadi ada lonjakan dari tingkat elektabilitas cukup signifikan dialami Prabowo Subianto," kata dia.
sinpo

Komentar: