Menhan China: Perang dengan AS akan Jadi Sebuah Bencana yang Tak Bisa Ditahan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 05 Juni 2023 | 12:30 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) China Jenderal Li Shangfu. (SinPo.id/AP)
Menteri Pertahanan (Menhan) China Jenderal Li Shangfu. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) China Jenderal Li Shangfu mengatakan perang dengan Amerika Serikat (AS) akan menjadi bencana yang tidak dapat ditahan. Pasalnya, AS dinilai telah meningkatkan risiko keamanan saat kapal perang Amerika, bersama kapal-kapal milik Kanada transit di Selat Taiwan.

Namun Beijing mengupayakan dialog untuk menghindari konfrontasi. Li mengatakan dunia cukup besar bagi Cina dan AS untuk tumbuh bersama.

"Cina dan AS memiliki sistem yang berbeda. Kami juga berbeda dalam banyak hal lainnya," katanya. Ia mengenakan seragam seorang jenderal Tentara Pembebasan Rakyat dalam pidato di KTT Keamanan Tinggi Asia, Dialog Shangri-La, Singapura pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Li menuduh AS memiliki mentalitas Perang Dingin. Ia juga mengatakan China tidak akan membiarkan patroli angkatan laut oleh AS dan sekutunya menjadi dalih untuk melakukan hegemoni navigasi. 

“Namun ini seharusnya tidak menghalangi kedua belah pihak untuk mencari titik temu dan kepentingan bersama untuk menumbuhkan hubungan bilateral dan memperdalam kerja sama,” katanya.

Meski demikian, Beijing telah menolak permintaan AS untuk pembicaraan militer langsung sebagai protes atas sanksi yang dijatuhkan AS untuk Jenderal Li pada tahun 2018 atas pembelian senjata dari Rusia. 

Dilansir dari BBC, seorang pejabat tinggi departemen luar negeri AS telah tiba di Beijing selama seminggu untuk pembicaraan luas, terlepas dari pertikaian diplomatik. 

Karena seperti yang diketahui, hubungan antara Washington dan Beijing telah tegang dalam beberapa tahun terakhir karena beberapa masalah, termasuk klaim China atas Taiwan, dan sengketa wilayah di Laut China Selatan.sinpo

Komentar: