Densus 88 Tangkap Tiga Terduga Teroris di Jatim dan NTB

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 05 Juni 2023 | 11:01 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (SinPo.id/ Ashar)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri meringkus tiga orang terduga teroris di dua provinsi berbeda, yakni Jawa Timur (Jatim) dan Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam sepekan terakhir.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut penangkapan pertama terjadi di Bima, NTB, pada Rabu, 31 Mei 2023. Satu tersangka terduga teroris atas nama MT ditangkap pukul 01.39 WITA dan diduga tergabung dengan organisasi cabang Al Qaeda

"MT difasilitasi oleh YR untuk berangkat ke Yaman dan bergabung dengan organisasi AQAP (Cabang Al Qaedah) dan saat ini masih terus dilakukan pengembangan," ungkap Ramadhan dalam keterangannya pada Minggu, 4 Juni 2023.

Menurut Ramadhan, penangkapan kedua dilakukan di Banyuwangi, Jatim pada Sabtu, 3 Juni 2023. Namun, Ramadhan mengaku  belum mendapat informasi terkait tergabung dengan kelompok dan jaringan mana. 

"Pada Sabtu, 3 Juni 2023, telah berhasil ditangkap 1 tersangka terduga teroris di Banyuwangi, Jatim, dan saat ini masih terus dilakukan pengembangan," tuturnya. 

Kemudian, kata Ramadhan, Penangkapan terakhir terduga teroris dilakukan di Kabupaten Tulungagung, Jatim pada Minggu, 4 Juni 2023. Ramadhan mengatakan Densus 88 menangkap tersangka teroris atas nama ES alias L pada pukul 12.05 WIB.

Menurut keterangan MT yang sebelumnya ditangkap di Bima, tersangka ES alias L berangkat ke Yaman pada 14 Desember 2014 bersama 4 rekan lainnya yakni HS, AAK, MT, dan MAA yang difasilitasi oleh ABU.

"Terkait hal tersebut saat ini masih terus dilakukan pengembangan,” kata Ramadhan.sinpo

Komentar: