Kecewa dengan Hasil Pemutaran Film "Lightyear", Disney PHK Puluhan Pekerja

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 05 Juni 2023 | 08:16 WIB
Film Lightyear. (SinPo.id//Disney)
Film Lightyear. (SinPo.id//Disney)

SinPo.id - Walt Disney's Pixar Animation Studios telah menghapus 75 posisi termasuk memecat dua pejabat eksekutif atas kekecewaannya terhadal hasil pemutaran film "Lightyear" di box office.

Mereka yang dipecat di antaranya, sutradara "Lightyear" Angus MacLane, animator 26 tahun yang merupakan bagian dari tim kreatif senior pada film-film terkenal seperti "Toy Story 4" dan "Coco."

Kemudian produser "Lightyear", Galyn Susman, yang telah bekerja di Pixar sejak perilisan film asli "Toy Story" pada tahun 1995, serta wakil presiden publisitas dunia Pixar, Michael Agulnek, yang bekerja sejak tahun 2015.

Dilansir dari Reuters, PHK terbesar Disney selama satu dekade tersebut merupakan bagian dari rencana yang telah diumumkan oleh Kepala Eksekutif Walt Disney, Bob Iger, untuk memecat 7 ribu pekerjanya dan memangkas biaya sebesar USD 5,5 miliar. 

Kekecewaan itu berawal dari film "Lightyear" yang dirilis setahun lalu dengan anggaran yang dilaporkan sebesar USD 200 juta, namun hanya menghasilkan USD 226,7 juta dari penjualan tiket di seluruh dunia. Film itu juga disambut dengan berbagai kritik yang beragam.

Pendapatan yang sedikit itu dikarenakan film "Lightyear" tidak dapat ditayangkan di 14 negara Timur Tengah dan Asia karena menggambarkan hubungan sesama jenis. Sehingga berdampak pada kinerja box office-nya.sinpo

Komentar: