Bantah Kebocoran Putusan Sistem Pemilu, MK: Dibahas di RPH Saja Belum

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 02 Juni 2023 | 17:33 WIB
Gedung Mahkamah Konstitusi (SinPo.id/ National Geographic)
Gedung Mahkamah Konstitusi (SinPo.id/ National Geographic)

SinPo.id - Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono menegaskan tidak ada kebocoran data soal putusan MK soal sistem pemilu 2024. Menurutnya, gugatan sistem proporsional pemilu itu belum dibahas dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH). 

"Perkara dibahas dalam RPH saja belum, bagaimana mungkin ada bocor," kata Fajar kepada Sinpo. Id, Jumat, 2 Juni 2023.

Fajar pun mengatakan, mantan Wamenkumham Denny Indrayana juga sudah mengklarifikasi di beberapa media, jika informasi soal putusan sistem pemilu bukan dari pihak MK. 

"ini sudah diklarifikasi sendiri oleh yang bersangkutan (Denny Indrayana)," tuturnya. 

Dia menyebut, uji materiil sistem pemilu yang bergulir di MK masih menunggu hasil keputusan. Saat ini, gugatan telah memasuki tahap penyerahan berkas kesimpulan dari masing-masing pihak.

Seperti diketahui, Mantan Wamenkumham Denny Indrayana dilaporkan ke Bsreskrim Polri terkait dugaan adanya kebocoran putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sistem pemilu. Laporan polisi itu teregistrasi dengan Nomor: LP/B/128/V/2023/SPKT/BARESKRIM POLRI

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugraha mengatakan, pihaknya tengah mendalami laporan tersebut yang diterima pada tanggal 31 Mei 2023. "Saat ini sedang dilakukan pendalaman oleh penyidik Bareskrim Polri," ujar Sandi.sinpo

Komentar: