SURVEI FIXPOLL

Survei Fixpoll: Prabowo Menang Telak dari Ganjar dan Anies di Jatim

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 31 Mei 2023 | 20:59 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi teratas sebagai calon presiden (capres) dalam survei Lembaga Fixpoll Research and Strategic Consulting. Nama Prabowo berada di puncak survei dalam simulasi 4 nama untuk wilayah Jawa Timur (Jatim).

Keempat nama yang disodorkan Fixpoll ke responden, yakni Prabowo, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Dari empat nama ini, Pak Prabowo menempati urutan pertama di Jatim. Pak Ganjar urutan kedua," kata Direktur Eksekutif Fixpoll Muhammad Anas saat merilis hasil survei di Hotel Tamarin, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Mei 2023.

Anas menjelaskan Prabowo menempati urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 35,8 persen. Sedangkan urutan terbawah diduduki Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan suara 3,0 persen.

Selanjutnya, Ganjar memperoleh 30,3 persen suara dan Anies 10,5 persen responden. Fixpoll juga merilis hasil survei elektabilitas terhadap sosok cawapres. Nama Mahfud Md muncul di posisi pertama sebagai cawapres yang dinilai cocok untuk Prabowo, Ganjar, maupun Anies.

Untuk posisi Mahfud sebagai wakil Prabowo mendapat 27,9 persen suara. Lalu, responden yang memilih Mahfud untuk Ganjar mencapai 24,7 persen. Sedangkan, dukungan untuk Mahfud sebagai wakilnya Anies sebanyak 21,1 persen.

Survei ini dilakukan pada 9 hingga 16 Mei 2023 di Provinsi Jawa Timur. Survei menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling.

Survei melibatkan sebanyak 840 responden dengan margin of error +/- 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan cara wawancara langsung secara tatap muka menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih.

 sinpo

Komentar: