Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terbaik di Negara G20 dan ASEAN

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 30 Mei 2023 | 14:10 WIB
Menkeu Sri Mulyani (Sinpo.id/Galuh Ratnatika)
Menkeu Sri Mulyani (Sinpo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id -  Dalam pembacaan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) RAPBN Tahun 2023, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, menyebut di antara negara-negara G20 dan ASEAN, pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi salah satu yang terbaik.

"Pertumbuhan ekonomi dan inflasi Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di antara negara-negara G20 dan ASEAN," kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna, di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa 30 Mei 2023.

Menurutnya, kebijakan fiskal Indonesia telah efektif mendorong pertumbuhan ekonomi, termasuk di masa pandemi. Sehingga ketahanan perekonomian Indonesia tetap terjaga meskipun menghadapi gejolak perekonomian dunia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2023 tercatat mencapai 5 persen, dan terus tumbuh dalam 6 kuartal berturut-turut. Sementara laju inflasi dalam tren yang menurun, tercatat sebesar 4,33 persen pada April 2023. Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia juga lebih besar dari utang.

Oleh karena itu, kata Sri Mulyani, dalam menyusun KEM PPKF RAPBN tahun 2024, pemerintah telah mempertimbangkan berbagai risiko dan potensi keberlanjutan ekspansi ekonomi nasional.sinpo

Komentar: