DPR Soroti Rasio Elektrifikasi PLN yang Tak Pernah Capai 100 Persen

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 26 Mei 2023 | 11:51 WIB
Mulyanto (Sinpo.id/DPR)
Mulyanto (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyoroti rasio elektrifikasi yang sampai saat ini masih 99,99 persen. Padahal PLN berdalih di tahun 2024 elektrifikasi akan menjadi 100 persen, namun dari tahun ke tahun tak pernah terjadi.

"Ini kan kita amati pengalaman dari tahun ke tahun janjinya begitu terus setahun 100 persen tapi apa aksinya. Ternyata ini ada permasalahan-permasalahan yang pertama adalah jaringan transmisi, kesiapan titik-titik, dan kemampuan bayar masyarakat yang belum match," kata Mulyanto, dikutip Jumat 26 Mei 2023.

Dengan begitu ia berharap Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Komisi VI DPR RI, dapat menyiapkan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) guna mendorong atau memenuhi listrik di desa.

"Sementara dari komisi VII DPR RI akan mendorong ke Kementerian ESDM RI untuk program pemasangan baru listrik. Ini yang bisa langsung memenuhi jumlah listrik yang belum menyala," ungkapnya.

Di samping itu, Mulyanto menginginkan agar BUMN Energi dapat hadir utuh di tengah masyarakat, dan tidak mengedepankan profit, melainkan dukungan terhadap proyek-proyek strategis negara.

"Di situlah bagiannya kenapa kita mengatakan masih BUMN. N- itu adalah negara, BUMN itu berbeda dari badan usaha pada umumnya, tapi juga menjalankan proyek-proyek yang strategis. Itulah BUMN," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: