Legislator Papua Soroti Mahalnya Harga Tiket Transportasi di Indonesia Timur

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 26 Mei 2023 | 11:55 WIB
Willem Wandik (Sinpo.id/DPR)
Willem Wandik (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Anggota Komisi V DPR RI Willem Wandik menyoroti tingginya harga transportasi di wilayah timur Indonesia. Tingginya harga itu bahkan terus menjadi polemik untuk masyarakat yang tinggal di Indonesia wilayah timur.

Willem mengatakan bila sampai hari ini banyak warga di wilayah timur yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Sebab, sarana penunjang yang berada di sana masih minim.

"Kalau mau cari kerja jadi pegawai tetap selalu harus datang ke wilayah barat karena semua ada di wilayah barat sehingga banyak menghadirkan persoalan yang terus jadi polemik berkepanjangan dalam praktek kita berbangsa dan bernegara," kata Willem melalui keteranganya, Jakarta, Jumat, 26 Mei 2023.

Legislator asal Papua ini menuturkan harga tiket ke timur bisa semakin mahal bila ada kegiatan besar. Seperti mudik lebaran dan libur natal dan tahun baru (nataru).

Willem bahkan menyebut jika harga tiket ke timur Indonesia bisa mencapai belasan juta. Hal ini tentu sangat mencekik masyarakat di wilayah timur.

"Wilayah timur di Indonesia ditambah banyak kawasan terluar, terisolasi, tertinggal dimana semakin tingginya harga avtur dan juga bbm ini mempengaruhi harga belanja barang dan tiket pesawat," kata dia. 

Untuk itu, politikus Partai Demokrat tersebut mengimbau semoga polemik soal transportasi mahal di timur ini bisa menjadi perhatian bersama untuk pemerintah.

Willem juga mengusulkan perlu adanya agenda rapat kembali dengan pemerintah untuk membahas lebih lanjut terkait harga tiket yang mahal tersebut. Dia ingin persoalan ini benar-benar perlu untuk diperhatikan secara serius.

"Ini bukan saja di Papua tapi NTT, NTB, Sulawesi, dan Maluku sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang menyalahkan pemerintah," kata dia.

Menutup pernyataanya, Willem menyatakan polemik mahalnya tiket di timur perlu dibicarakan supaya seluruh masyarakat Indonesia bisa mengetahui faktor-faktor yang membuat mahal harga tiket terutama pihak terkait yang berkepentingan.

"Ini penting supaya masyarakat juga bisa mengetahui apa saja faktor yang membuat tiket transportasi di wilayah timur mahal," kata dia.sinpo

Komentar: