Indonesia dan Kanada Sepakat Percepat Perundingan Kerja Sama Ekonomi

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 26 Mei 2023 | 11:48 WIB
Kerjasama Indonesia-Kanada (Sinpo.id/ICA-CEPA)
Kerjasama Indonesia-Kanada (Sinpo.id/ICA-CEPA)

SinPo.id -  Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan, mengatakan Indonesia dan Kanada sepakat mempercepat terselesaikannya perundingan persetujuan kerja sama ekonomi komprehensif melalui ICA-CEPA.

Menurutnya, ICA-CEPA dapat segera selesai dan memberikan manfaat besar bagi perekonomian kedua negara.

“Saya optimistis upaya untuk meningkatkan perdagangan dan investasi Indonesia dan Kanada salah satunya dapat dicapai melalui Indonesia–Canada CEPA," kata Mendag dalam pertemuan bilateral tersebut, Jumat 26 Mei 2023.

Kedua negara juga telah menyelesaikan perundingan putaran keempat ICA—CEPA pada 20–24 Februari 2023 di Bandung, dan akan bersiap untuk menyelenggarakan putaran kelima perundingan ICA–CEPA pada akhir Mei 2023 di Ottawa, Kanada.

Dalam pertemuan tersebut, Mendag menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kebijakan hilirisasi di sektor pertambangan. Sementara Menteri Mary Ng menanggapi bahwa Kanada merupakan salah satu negara terdepan di dunia di bidang pertambangan.

Dengan sektor pertambangan yang mengedepankan aspek inovasi, keberlanjutan, dan rantai pasok global, Menteri Mary optimistis Indonesia dan Kanada dapat menjalin kerja sama hilirisasi produk pertambangan yang bernilai tambah.sinpo

Komentar: