BMKG: Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Waspada Banjir Rob

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 17 Mei 2023 | 09:30 WIB
Banjir rob (Sinpo.id/Gettyimages)
Banjir rob (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan waspada untuk masyarakat dan pihak terkait terhadap potensi rob di sebagian wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Diperkirakan banjir rob akan melanda wilayah tersebut pada 19-24 Mei 2023.

Berdasarkan informasi BMKG, masyarakat di wilayah pesisir Jakarta Utara (Jakut) dan Kepulauan Seribu berpotensi terganggu rob yang disebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan, peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum itu diprediksi terjadi karena adanya fenomena fase Bulan Baru.

"Adanya fenomena fase Bulan Baru pada tanggal 19 Mei 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," kata Eko di Jakarta yang dikutip pada Rabu, 17 Mei 2023.

Potensi banjir pesisir atau rob ini berbeda waktu, hari dan jam di setiap wilayah. Namun secara umum akan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Hal itu bisa berdampak terhadap aktivitas bongkar-muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," kata Eko.

Adapun prakiraan cuaca DKI Jakarta pada Rabu disebutkan potensi hujan berdurasi singkat dapat melanda sebagian Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada waktu dinihari.

Di kawasan pelabuhan, cuaca pagi ini pada umumnya cerah berawan. Sedangkan pasang air laut maksimum diprediksi baru terjadi pada pukul 19.00 WIB dengan ketinggian 0,9 meter.
sinpo

Komentar: