TransJakarta Targetkan Semua Rute Dapat Ditempuh 35 Menit

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 16 Mei 2023 | 15:31 WIB
Bus TransJakarta (Sinpo.id/TransJakarta)
Bus TransJakarta (Sinpo.id/TransJakarta)

SinPo.id -  PT Transjakarta menargetkan waktu tempuh perjalanan ke sejumlah rute di Ibu Kota paling lama 35 menit. Salah satu caranya adalah menjamin jalur khusus bus TransJakarta benar-benar steril.

"Kita akan coba untuk memecahkan rekor 35 menit dari beberapa titik di wilayah Jakarta," kata Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, Daud Joseph dalam keterangannya, Selasa 16 Mei 2023.

Daud mengungkapkan, bus Transjakarta dari arah Ragunan atau Fatmawati menuju kawasan Kuningan, Jakarta Selatan dapat ditempuh hanya dalam waktu 35 menit. 

Selain itu dari arah Cililitan atau sekitarnya yang menuju Kuningan juga akan ditargetkan bisa menempuh perjalanan selama 35 menit.

"Kita akan buat program perbandingan antara naik moda kendaraan non-TransJakarta dengan TransJakarta dari Ragunan kita akan tembus ke Kuningan dengan jaminan waktu tertentu," ujarnya.

Selain daerah Selatan Jakarta, Transjakarta juga akan menargetkan kawasan Jakarta Utara yang mencakup Pluit, Penjaringan. Ada juga sejumlah rute dari Kalideres-Daan Mogot dan Grogol di wilayah Barat.

"Satu lagi daerah yang padat daerah Grogol akan kita tembuskan ke Semanggi dengan jaminan waktu tertentu," ucapnya.

Daud menuturkan, waktu tempuh 35 menit dijadikan target, sebab masyarakat pada umumnya berharap bisa mencapai lokasi tujuannya dengan menggunakan transportasi umum dalam waktu kurang dari satu jam.

Menurutnya, sebelum menghabiskan waktu selama 35 menit di perjalanan, masyarakat juga diperkirakan sudah menghabiskan waktu selama 25 menit untuk menuju halte.

"Karena 35 menit adalah angka psikologis yg selama ini ada di benak masyarakat bahwa saya harusnya kalo dari rumah sampai ke tempat kerja ga boleh lebih dari 1 jam jadi 25 menitnya adalah jarak dari rumah dia menuju arah halte Transjakarta," kata Daud.

"Kemudian 35 menitnya dari halte Transjakarta menuju ke halte tengah kota, jadi dari situ harusnya secara psikologis orang keluar dari rumah sampai ke tempat kerja tuh tidak lebih dari satu jam," tandasnya.

sinpo

Komentar: