PILPRES 2024

Banyak Parpol Ingin Bergabung ke Koalisi PKB-Gerindra, Pengamat: Magnet Prabowo

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 15 Mei 2023 | 15:29 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Beberapa minggu terakhir sejumlah partai kian menunjukkan kecenderungan dari pilihan politik mereka untuk turut bergabung dalam poros koalisi Partai Gerindra dan PKB. Nantinya gabungan partai tersebut akan membentuk Koalisi Kebangsaan.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menyebut, kecenderungan sikap dari partai partai itu jelas mengirimkan pesan politis. Secara tersirat, mereka menaruh harapan dapat bersama dalam satu koalisi dengan Partai Gerindra dalam pemilihan presiden 2024 untuk mendukung Prabowo Subianto

"Tidak dapat dimungkiri memang sosok Prabowo Subianto menjadi magnet, yang saat ini tengah memperoleh atensi luas dari publik dan juga elite politik dalam beberapa bulan terakhir. Prabowo dinilai sebagai bakal capres yang memiliki peluang untuk terpilih di pemilu 2024 mendatang," ujar Bawono dalam keterangannya, Senin, 14 Mei 2023.

Setelah Golkar terlibat komunikasi politik intensif dengan Gerindra dan PKB, sambung Bawono, kini Partai Bulan Bintang juga menunjukkan sikap politik. Partai besutan Yusril Ihza Mahendra itu berkeinginan dapat bergabung dalam koalisi mendukung Prabowo Subianto.

Terlebih temuan survei dari Indikator Politik Indonesia selama beberapa bulan terakhir menunjukkan tren positif elektabilitas dari ketua umum Partai Gerindra tersebut.

"Dengan berkaca menurut hasil survei Indikator sepanjang tahun lalu dan juga di tahun ini Prabowo Subianto selalu masuk dalam tiga besar bakal calon presiden dengan elektabilitas dua digit tinggi, selain juga Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," katanya.

Lebih jauh Bawono menyebut, temuan survei nasional dari Indikator Politik Indonesia periode bulan April ini menunjukkan tingkat elektabilitas dari Ganjar Pranowo mengalami kemerosotan cukup tajam. Kemudian elektabilitas Anies Baswedan memiliki kecenderungan stagnan.

"Sedangkan elektabilitas Prabowo Subianto terus mengalami tren peningkatan," tandasnya. sinpo

Komentar: