Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Ternate

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 15 Mei 2023 | 00:11 WIB
Ilustrasi gempa bumi/ Pixabay
Ilustrasi gempa bumi/ Pixabay

SinPo.id -  Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,9 mengguncang Ternate, Maluku Utara, Minggu 14 Mei 2023 malam. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi itu terjadi pada pukul 22.32 WIB. 

"Gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Pernyataan itu disampaikan merujuk pada hasil analisis mekanisme sumber .

Gempa itu berpusat di laut, tepatnya di 0,49 lintang utara dan 126,90 bujur timur. Gempa terjadi pada kedalaman laut 109 km berjarak 60 km barat daya Ternate, Maluku Utara.

BMKG melaporkan dampak gempa dirasakan di sejumlah daerah sekitar, di antaranya Kotamobagu, Manado, Bitung, Halmahera Tengah dan Sanana. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berdampak tsunami. Hingga pukul 23.10 WIB, hasil monitorBMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Daryono mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dia meminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.sinpo

Komentar: