BOLA BASKET

Bebas dari Tahanan Rusia, Pebasket Brittney Griner Kembali ke WNBA

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 14 Mei 2023 | 11:20 WIB
Pebasket asal Amerika Serikat (AS), Brittney Griner (SinPo.id/ Phoenix Mercury)
Pebasket asal Amerika Serikat (AS), Brittney Griner (SinPo.id/ Phoenix Mercury)

SinPo.id - Pebasket asal Amerika Serikat (AS), Brittney Griner, akhirnya kembali ke pertandingan basket untuk memenangkan timnya Phoenix Mercury di WNBA, usai dibebaskan dari tahanan Rusia.

“Saya bersyukur berada di sini, itu sudah pasti,” kata Griner, dilansir dari The Guardian, Minggu 14 Mei 2023.

Ia kembali beraksi di atas lapangan basket untuk pertama kalinya sejak ditahan hampir 10 bulan di Rusia atas tuduhan terkait narkoba. Dia dibebaskan saat pertukaran tahanan pada bulan Desember lalu.

Griner yang absen sepanjang musim 2022 karena penahanan, telah menyelesaikan pertandingan pramusim WNBA melawan Los Angeles Sparks dengan 10 poin dan tiga rebound.

Kembalinya pembasket yang berusia 32 tahun tersebut ke Phoenix Mercury, telah menghidupkan kembali harapan franchise tersebut untuk dapat kembali melaju ke final WNBA.

Seperti diketahui, Griner ditahan di Rusia karena diketahui membawa kartrid vape yang berisi minyak ganja di dalam kopernya. Setelah dibebaskan dan kembali ke AS, ia memilih bekerja untuk mengadvokasi orang Amerika lainnya yang ditahan di luar negeri.

Pada bulan April, Griner mengumumkan telah bekerja dengan Bring Our Families Home, sebuah kampanye yang dibentuk tahun lalu oleh persatuan keluarga yang anggota keluarganya menjadi tahanan di luar negeri. Dia bahkan mengatakan timnya telah menghubungi keluarga reporter Wall Street Journal Evan Gershkovich, yang ditahan di Rusia atas tuduhan spionase.sinpo

Komentar: