Mesir Siap Tengahi Pertempuran di Gaza Usai Serangan Kedua Israel Pekan Ini

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 11 Mei 2023 | 08:42 WIB
Rudal Israel serang Palestina (Sinpo.id/Reuters)
Rudal Israel serang Palestina (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Mesir memulai kembali upaya untuk menengahi dan mengakhiri pertempuran di Jalur Gaza, setelah Israel melancarkan serangan kedua pada pekan ini, dan Palestina meluncurkan ratusan roket sebagai serangan balasan.

"Kairo, yang telah menengahi pertempuran sebelumnya, telah mulai menengahi gencatan senjata," kata juru bicara Jihad Islam, Dawoud Shehab, dilansir dari Reuters, Kamis 11 Mei 2023.

Serangan militer Israel sendiri dalam pekan ini telah mencapai lebih dari 130 sasaran, termasuk lokasi peluncuran roket Palestina. Setidaknya tiga orang dilaporkan tewas dalam pemboman pada Rabu malam di sebuah gedung di wilayah selatan Gaza di Khan Younis.

Beberapa menit setelah serangan udara Israel dimulai pada Rabu malam, sirene langsung terdengar di Israel, terutama di sekitar ibu kota komersial Tel Aviv, yang berada 60 km di utara Gaza. Lebih dari 400 roket ditembakkan dari Palestina, namun seperempatnya digagalkan.

Akibat dari dua serangan Israel pekan ini, total warga Palestina yang tewas berjumlah 24 orang. Termasuk setidaknya lima wanita, lima anak, serta tiga komandan senior Jihad Islam. Salah satu korban tewas pada hari Rabu adalah seorang gadis berusia 10 tahun.sinpo

Komentar: