Puan Optimis MICE Golo Mori Akan Jadi Kawasan Pariwisata Terintegrasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 11 Mei 2023 | 08:52 WIB
Puan Maharani kunjungi MICE Golo Mori (Sinpo.id/Tim Media)
Puan Maharani kunjungi MICE Golo Mori (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, optimis bahwa Meeting, Incentives, Conventions dan Exhibitions (MICE) Golo Mori di Desa Golo Mori, Manggarai Barat, NTT, yang sudah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), akan menjadi kawasan pariwisata berkelanjutan terintegrasi.

“KEK Golo Mori ini bisa memperkuat infrastruktur pariwisata di Labuan Bajo. Dengan begitu potensi pariwisata di daerah ini akan meningkat dan membuka lahan bagi UMKM lokal mengembangakan usahanya,” kata Puan, dikutip Kamis 11 Mei 2023.

MICE Golo Mori sendiri memiliki berbagai macam fasilitas mewah, seperti convention hall, VVIP lobby, VVIP lounge, media center, amphitheater, observation deck, beach club dan dermaga kayu. Termasuk fasilitas penunjang lainnya yang akan mempermudah wisatawan berkunjung ke KEK Golo Mori.

“Karena infrastruktur yang memadai dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing suatu wilayah dalam menghadapi tantangan global,” ungkapnya.

Selain itu, kata Puan, infrastruktur penunjang yang berkualitas juga dapat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat setempat dan daya tarik destinasi wisata. Sehingha masyarakat lokal juga harus ikut dilibatkan dalam pengembangan MICE Golo Mori.

“Pengembangan KEK Golo Mori dapat membuka peluang bagi masyarakat di NTT. Bukan hanya dari sisi SDM atau tenaga di pembangunannya, tapi juga melalui keterlibatan UMKM lokal, baik barang maupun jasa. Pada akhirnya itu akan berdampak positif untuk perekonomian daerah,” paparnya.

Kemudian menurutnya, pengembangan destinasi wisata harus bisa menghasilkan manfaat ekonomi dan sosial untuk masyarakat dan lingkungan setempat. Namun meuntungan tersebut juga harus dirasakan secara adil dan merata.

“Untuk itu, perlu dilakukan kolaborasi antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat lokal dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan yang dapat memberikan manfaat jangka panjang,” kata Puan menambahkan.sinpo

Komentar: