Ini Penyebab Evakuasi Korban Lift Macet Pakuwon Tower Berjalan Lama

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 09 Mei 2023 | 08:49 WIB
Pakuwon Tower (Sinpo.id/Osvas)
Pakuwon Tower (Sinpo.id/Osvas)

SinPo.id -  Proses evakuasi korban lift macet di Pakuwon Tower Casablanca, Tebet, Jakarta Selatan pada Senin, 8 Mei 2023 memakan waktu cukup lama.

Pengelola Pakuwon Tower Casablanca memastikan seluruh korban yang terperangkap di tiga lift yang macet  dievakuasi pada pukul 18.45 WIB bertepatan dengan jam pulang kerja.

"Yang membuat evakuasi berlangsung lama karena lift ini berhenti di tengah-tengah jalur karena adanya pembagian zona yakni tinggi (high zone) dan menengah (mid zone). Sedangkan pintu di level mid zone tidak tersedia," kata Building Manager Pakuwon Tower Casablanca, Agustius dilansir dari Antara, Senin 8 Mei 2023.

Dalam prosedur evakuasi, pihak pengelola menunggu tiga lift itu dalam keadaan aman sehingga korban bisa dievakuasi untuk dicek kesehatannya di rumah sakit.

Disebutkan juga lift tidak dalam kondisi kelebihan muatan (overload).

Sementara itu, Kapolsek Tebet Kompol Chitya Intania dalam keterangan tertulisnya menyatakan terdapat satu korban yang mengalami syok saat kejadian.

"Satu orang korban luka mengalami syok trauma  dirujuk ke Rumah Sakit Agung Setiabudi untuk perawatan lebih lanjut," kata Chitya.

Dalam proses evakuasi  dikerahkan sebanyak 15 personel Polsek Tebet, lima personel Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, 11 personel Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D) DKI Jakarta, dan lima personel Koramil.

Sebanyak 36 personel gabungan itu berhasil mengevakuasi 11 orang yang terjebak di dalam lift tersebut pukul 21.50 WIB.

Adapun tiga lift dinyatakan macet di lantai berbeda yakni lift H9 di lantai 27, H8 di lantai enam, dan H6 di lantai 47 pada gedung berlantai 47 yang terdiri dari 18 lift termasuk dua lift darurat (emergency).

Sementara itu, Kepala Regu Penyelamatan Grup A Kecamatan Tebet Yoki Syamsah menyatakan sejumlah korban yang syok dibawa menggunakan ambulans untuk dicek kesehatannya di rumah sakit.

"Hanya syok  karena sebelum lift  berhenti ada hentakan," ujar Yoki.

Yoki menyatakan pada kondisi macet lift masih dalam keadaan menyala kemudian tiba-tiba turun dan menurut pengakuan para pegawai gedung terdengar suara keras seperti suara petir.

"Penyebabnya sih sampai saat ini belum tahu," tutupnya.sinpo

Komentar: