Indonesia Jangan Gunakan Politik Mercusuar di Forum KTT ASEAN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 08 Mei 2023 | 13:10 WIB
Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti (SinPo.id/ Instagram)
Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id -  Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengimbau Indonesia tak menggunakan politik mercusuar dalam Forum KTT ASEAN. LaNyalla menyebut stabilitas dalam negeri menjadi fokus utama dan akan menjadi sorotan.

"Mengingat stabilitas dalam negeri menjadi fokus utama dan akan menjadi sorotan. Ini penting saya ingatkan, agar jangan sampai sekadar politik mercusuar belaka," kata LaNyalla melalui keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

Senator asal Jawa Timur (Jatim) itu juga menyinggung tantangan jangka panjang yang akan dihadapi. Sebagai motor penggerak negara-negara di kawasan, LaNyalla mengingatkan sistem negara kita sehatusnya lebih kuat dan stabil dibanding negara lainnya di kawasan.

Ia mencontohkan sejumlah kasus yang terjadi di dalam negeri seperti teror KKB di Papua, kasus-kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Myanmar dan masalah lainnya yang memerlukan

Sedangkan jika ingin menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi, LaNyalla mengatakan Indonesia harus memulainya dari dalam negeri. "Di mana kita harus menata perekonomian kita agar sepenuhnya dikuasai negara, bukan oleh sekelompok oligarki yang berkolaborasi dengan asing,” ujar LaNyalla menjelaskan.

Tercatat Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaran KTT ASEAN pada 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pertemuan dihadiri para Kepala Pemerintahan 11 negara Asia Tenggara itu akan membicarakan hal-hal penting. Di antaranya mendorong ASEAN menjadi motor stabilitas dan perdamaian kawasan maupun dunia.sinpo

Komentar: