KTT ASEAN

Para Menteri AECC Deklarasikan Komitmen Pengembangan Kendaraan Listrik

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 08 Mei 2023 | 13:00 WIB
Para Menteri dari negara-negara yang tergabung dalam ASEAN Economic Community Council (SinPo.id/dok Kemenko Perekonomian)
Para Menteri dari negara-negara yang tergabung dalam ASEAN Economic Community Council (SinPo.id/dok Kemenko Perekonomian)

SinPo.id -  Para Menteri dari negara-negara yang tergabung dalam ASEAN Economic Community Council (AECC) mendeklarasikan komitmen pengembangan kendaraan listrik di kawasan masing-masing. Gagasan pengembangan itu merupakan inisiatif Indonesia, sebagai pemegang Keketuaan ASEAN tahun 2023.

“Hal tersebut dikarenakan kendaraan listrik tidak hanya mampu mengurangi emisi karbon dan polusi udara, namun juga menciptakan peluang ekonomi dan meningkatkan ketahanan energi,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dikutip Senin 8 Mei 2023.

Menurut Hartarto, kesepakatan tersebut dengan pertimbangan penggunaan kendaraan listrik dan transisi energi menjadi kunci untuk mencapai keberlanjutan di ASEAN. Sedangkan deklarasi dimaksudkan sebagai pedoman bagi negara-negara ASEAN dalam mengadopsi kendaraan listrik.

Termasuk harmonisasi standar kendaraan listrik serta ekplorasi kerja sama dalam proses pembangunan ekosistem kendaran listrik regional. “Hanya dengan saling melengkapi dan bekerja secara harmonis ASEAN dapat menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan tangguh untuk semua,” ujar Hartarto menambahkan.

ASEAN Leaders’ Declaration on Developing Regional Electric Vehicle Ecosystem juga menekankan kolaborasi dari seluruh pihak membentuk sebuah ekosistem kendaraan listrik kawasan yang efektif dan mendukung.

Selain itu akan menjadi momentum penting dalam perjalanan ASEAN menuju transportasi yang berkelanjutan dan rendah karbon. Sehingga ASEAN dapat menjadi global hub kendaraan listrik dan pionir dalam upaya mitigasi perubahan iklim, untuk menciptakan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.sinpo

Komentar: