PKS Daftarkan 580 Bacaleg DPR RI ke KPU

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 08 Mei 2023 | 12:19 WIB
Narji Cagur saat ditemui di kantor KPU (Sinpo.id)
Narji Cagur saat ditemui di kantor KPU (Sinpo.id)

SinPo.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk Pemilu serentak 2024. Dengan begitu PKS menjadi partai politik (Parpol) pertama yang mendaftar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi menerangkan sebanyak 580 bakal calon anggota legislatif sudah terdaftar di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). 

"Alhamdulillah saya laporkan dari 580 anggota caleg, calon caleg kita sudah terdaftar di dalam data KPU. Alhamdulillah di dalam 84 dapil dan dalam semua itu terdapat wanita 208 wanita, artinya 35,9 persen," kata Aboe Bakar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin 8 Mei 2023.

Selain mengklaim sudah mewakili keterwakilan perempuan dalam Pemilu serentak 2024, Aboe Bakar menyebut bacaleg PKS juga dilengkapi dengan calon legislatif dari kalangan milenial. 

"Dan di dalamnya itu ada milenial lengkap, dan wakil-wakil milenial ini hadir di sini. Ada dari Gamal, ada Nabila, ada Alegra dan ada Faruk, ada Narji," ujarnya. 

Lebih lanjut, Aboe Bakar menuturkan, 25 DPW PKS di berbagai daerah juga sudah mendaftarkan bacaleg di tingkat DPRD Provinsi ke KPU Provinsi pada hari ini. Sementara sisanya akan bertahap sampai tanggal 14 Mei 2023.

"Dari jumlah DPD di sleuruh Indonesia, 150 DPD mendaftarkan di DPD-nya masing-masing, tinggal 364 yang insyaAllah sampai tanggal 14," tandasnya.

Sebagai informasi, PKS memulai proses pendaftaran caleg DPR RI dengan melakukan konvoi berjalan kaki dari Taman Suropati menuju kantor KPU RI di Jalan Dipenogoro, Jakarta Pusat. 

Konvoi ini diikuti beberapa petinggi partai seperti Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekretaris Jendral (Sekjen) PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsyi serta rombongan kader PKS.sinpo

Komentar: