Jaga Stabilitas Negara, PBNU Ajak Semua Pihak Berpolitik Santun

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 06 Mei 2023 | 21:30 WIB
Fahrur Rozi/Sinpo.id/Instagram: @Gus_Fahrur
Fahrur Rozi/Sinpo.id/Instagram: @Gus_Fahrur

SinPo.id -  Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) mewanti-wanti semua pihak untuk mengedepankan stabilitas politik dan keamanan nasional. Peserta Pemilu 2024 diharap menjaga kesantunan dalam berpolitik.

"Mari tetap menjaga kesantunan berpolitik, mencegah polarisasi atau pembelahan ekstrem akibat perbedaan pilihan politik sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban negara Indonesia tetap terjaga dengan baik," kata Gus Fahrur dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, 6 Mei 2023.

Gus Fahrur menyambut positif semua kandidat yang melakukan silaturahmi, membangun hubungan baik dengan para ulama dan tokoh masyarakat, serta pesantren. Dia menekankan posisi NU menjelang pemilu tetap netral.

Menurut dia, NU akan tetap sebagai organisasi masyarakat (ormas) keagamaan yang menjadi rumah besar yang nyaman bagi umat islam di Indonesia.

"NU akan tetap bersikap netral dan tidak ikut campur dukung-mendukung kandidat pilpres. Agar semua kandidat dan pendukungnya tetap merasa nyaman dalam naungan NU, tetap rukun damai meski berbeda pilihan," ujar Gus Fahrur.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan semangat Pilpres 2024 adalah kontestasi program. Seluruh pihak harus membuat ide-ide besar untuk kemajuan bangsa dan negara.

Jokowi berharap Pilpres 2024 berjalan damai dan demokratis. Sehingga, pemimpin terpilih bisa meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil, dan makmur.

Semoga Pilpres 2024 berjalan dengan damai dan demokratis, terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil, dan makmur," kata Jokowi.sinpo

Komentar: