PEMILU 2024

Bawaslu RI Minta Jajaran Awasi Tahapan Pendaftaran Caleg DPR dan DPRD

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 02 Mei 2023 | 04:34 WIB
Bawaslu (Bawaslu.go.id)
Bawaslu (Bawaslu.go.id)

SinPo.id -  Pengawasan pendaftaran calon legislatif (Caleg) Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dimulai hari ini. Anggota Bawaslu Totok Hariyono meminta seluruh jajaran pengawas pemilu untuk mengawasi tahapan ini dengan baik serta sesuai aturan perundang-undangan.

"Yang kita (pengawas pemilu) awasi itu pelaksanaan Peraturan KPU (PKPU), Undang-Undang, dan aturan. Maka pengawasan di tahapan ini harus maksimal," kata dia dalam Rapat Pengawasan Tahapan Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota secara virtual, Senin 1 Mei 2023. 

Totok mengungkapkan filosofi pengawasan Bawaslu adalah pengawasan gotong royong. Baginya, pengawasn ini berrarti semua elemen di Bawaslu bersama-sama untuk melakukan pengawasan dan pencegahan dalam tahapan ini sehingga berjalan dengan ketentuan perundang-undanganan dengan segala atributasi kelemahannya.

"Saya ingat kata-kata ketua Mahkamah Konstitusi, di dunia ini tidak ada undang-undang sempurna, didunia ini tidak ada aturan yang sempurna. Yang menyempurkan itu itikad baik kita untuk menjadikan pemilu ini menjadi lebih baik," ujar mantan jurnalis itu.

Dia juga meminta pengawas pemilu untuk bekerja sepenuh waktu, karena tahapan Pemilu 2024 tidak mengenal hari kerja. "Kita (pengawas pemilu) harus bekerja bersama-sama dalam konsep gotong royong untuk memberi pelayanan terbaik untuk semua peserta pemilu," kata Totok.

Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Puady menambahkan tim pengawasan tahapan pencalonan ini telah dibetuk dengan dikoordinasikan oleh Deputi Teknis La Bayoni. Dia berharap semuanya terkondisikan dengan baik.
"Saya harap komunikasi antarpengawas pemilu dilakukan secara aktif sehingga pengawasan tahapan pencalonan ini bisa berjalanan dengan baik," harap Ichsan.

Sebagai informasi, pengawasan pendaftaran pencalonan caleg ini berlangsung hari ini 1 Mei hingga 14 Mei 2023. Dalam rapat kali ini hadir pula jajaran kesekjenan Bawaslu untuk melakukan dukungan secara teknis dan administratif pengawasan pencalongan legislatif Pemilu 2024. Adapun forum ini diikuti oleh seluruh jajaran pengawas pemilu dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.sinpo

Komentar: