KONFLIK SUDAN

Mesir Telah Evakuasi 5.327 Warganya dari Sudan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 30 April 2023 | 02:20 WIB
Menlu Mesir Sammeh Hassan Shoukry (SinPo.id/ Sputnik)
Menlu Mesir Sammeh Hassan Shoukry (SinPo.id/ Sputnik)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Hassan Shoukry mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi 5.327 dari Sudan. Sekitar 2.600 telah berhasil dievakuasi pada Kamis melalui darat dan udara.

Menlu Mesir juga menyebut, sebanyak 23 pesawat dikerahkan dari Mesir menuju Sudan. Dia menambahkan bahwa makanan dan layanan kesehatan disediakan untuk lebih dari 1.000 warga Mesir yang menunggu evakuasi.

"Lebih dari 10.000 warga Mesir tinggal di Sudan," kata data Kementerian Luara Negeri Mesir dikutip dari Anadolu, Sabtu, 29 April 2023.

Setidaknya 460 orang tewas dan lebih dari 4.000 orang terluka dalam konflik bersenjata tentara Sudan dengan paramiliter Rapid Responce Forces (RSF) sejak 15 April. Menurut Kementerian Kesehatan Sudan penyebab konflik berawal dari ketidaksepakatan telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir antara tentara dan paramiliter mengenai reformasi keamanan militer.

RSF membayangkan bahwa reformasi nanti kelompoknya akan dapat berpartisipasi penuh dalam militer - salah satu masalah utama dalam negosiasi dengan pihak internasional dan regional untuk transisi untuk pemerintahan sipil dan demokratis.sinpo

Komentar: