PKB Perjuangkan Alokasi Dana Desa Naik Jadi Rp5 Miliar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 17 April 2023 | 15:09 WIB
Muhaimin Iskandar/SinPo.id/PKB
Muhaimin Iskandar/SinPo.id/PKB

SinPo.id -  Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan partainya akan memperjuangkan peningkatan alokasi dana desa. Dana desa akan ditingkatkan dari sekitar Rp1 miliar menjadi Rp5 miliar per desa.

"Anggaran desa kita naikkan 5 kali lipat. Kami sudah membuat perhitungan secara hati-hati dan matang tentang ini. Insyaallah besaran anggaran negara kita mampu untuk menyokong kenaikan dana desa," kata Cak Imin dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 17 April 2023.

Ini juga disampaikan Cak Imin dalam acara safari ramadan bertajuk 'Mbangun Deso Ngerumat Wargo' di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, pada Minggu, 16 April 2023.

Menurut dia, langkah ini perlu dilakukan sebagai bagian untuk mewujudkan program besar, yakni Membangun Indonesia dari Desa. Dia menyatakan pilar utama pembangunan desa harus dimulai dari pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Fokus kita adalah warga desa yang sehat dan pintar. Maka, Desa Sehat dan Desa Pintar adalah dua program yang wajib kita jalankan dan sukseskan," kata dia.

Pilar berikutnya adalah kesejahteraan dan kebahagiaan warga desa. Untuk mencapai itu, kata dia, diperlukan sejumlah program penyejahteraan dengan tujuan untuk meningkatkan Indeks Kebahagiaan Desa di Indonesia.

"Suatu ketika, harus ada adagium, ’Tak ada yang lebih membahagiakan dibandingkan hidup di desa.’ Untuk itu, Desa Sejahtera dan Desa Bahagia adalah dua program yang wajib kita jalankan dan sukseskan," kata Cak Imin.

Selanjutnya ialah pembangunan desa berbasis kemajuan teknologi, utamanya teknologi pedesaan. Cak Imin menyatakan di berbagai perguruan tinggi harus dibuka program studi bahkan Departemen Teknologi Perdesaan.

"Untuk itu, kita galang program Desa Digital. Maka itulah program-program kita, Desa Sehat, Desa Pintar, Desa Sejahtera, Desa Bahagia, dan Desa Digital," kata dia.

Cak Imin berpandangan pembangunan dan kesejahteraan bangsa hanya terwujud jika desa maju dan sejahtera. Oleh karena itu, cara terbaik dalam membangun Indonesia adalah dimulai dengan membangun desa.

"Saya dan PKB menamai rencana kami untuk membangun desa sebagai ’Membangun Deso, Ngrunat Wargo," ucap Cak Imin.sinpo

Komentar: