Tiket Mudik Kereta Jarak Jauh Masih Tersedia, PT KAI: Baru Terjual 71 Persen

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 17 April 2023 | 11:46 WIB
Suasana di Stasiun Pasar Senen Jakarta/SinPo.id/KAI
Suasana di Stasiun Pasar Senen Jakarta/SinPo.id/KAI

SinPo.id -  PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menjual sebanyak 2.170.643 tiket Kereta Api (KA) jarak jauh atau 71 persen dari total tiket yang disiapkan untuk keberangkatan masa angkutan Lebaran 2023.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan jumlah tersebut berdasarkan data yang dihimpun pada Minggu 16 April 2023. Adapun, PT KAI seluruhnya menyediakan tiket KA jarak jauh sebanyak 3.065.404 pada musim mudik Lebaran 2023.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," kata Joni dalam keterangannya yang diterima, Senin 17 April 2023.

Joni memaparkan, rute favorit pemudik didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta / Bandung), menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Sedangkan untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah / Jawa Timur), menuju arah Barat (Jakarta / Bandung).

Adapun, lanjut Joni, perjalanan kereta api yang okupansinya mencapai 100 persen yaitu KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp).

Kemudian KA Rajabasa (Kertapati - Tanjungkarang pp), KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp), KA Probowangi (Surabaya Gubeng - Ketapang pp), KA Bukit Serelo (Kertapati - Lubuklinggau pp), KA Tawang Alun (Malang Kota Lama - Ketapang pp), KA Ranggajati (Cirebon - Jember pp), KA Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp), dan lainnya.

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA Jarak Jauh yang menjadi favorit dipesan di antaranya:

1. Tanggal 24 April 2023 = 94 persen
2. Tanggal 25 April 2023 = 92 persen
3. Tanggal 19 & 20 April 2023 = 91 persen

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” tandasnya.
sinpo

Komentar: