MUDIK LEBARAN 2023

Antisipasi Kepadatan Pemudik, Polri Siapkan 15 Dermaga dan 78 Kapal Feri

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 14 April 2023 | 19:33 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran (SinPo.id)
Ilustrasi mudik Lebaran (SinPo.id)

SinPo.id - Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi menyebut pihaknya akan menyiapkan 15 dermaga dan 78 kapal feri untuk mengangkut pemudik.

Menurut Agung, hal tersebut merupakan salah satu persiapan guna mencegah kepadatan pemudik lintas Jawa ke Sumatra di kawasan Pelabuhan Merak.

"Tahun ini kita lipatkan menjadi 15 dermaga dengan 78 feri penyebrangan. Insya Allah dengan dua kali lipat lebih ini kita akan lebih lancar," ujar Agung, Jumat, 14 April 2023.

Agung mengatakan bahwa ini menindaklanjuti atensi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mengingat tahun ini diprediksi akan ada lompatan pemudik.

"Ini yang kemudian menjadi konsen kita sebagaimana kita tahu, tahun lalu itu di Pelabuhan Merak kita sediakan 7 dermaga dengan 48 feri. Itu tidak mampu. Artinya terkendala karena masih kurang," tuturnya.

Seperti diketahui, jumlah pemudik pada libur Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi diprediksi mencapai 123 juta orang atau naik sebesar 47 persen secara nasional.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Keterangan Pers setelah Rapat yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai Persiapan Arus Mudik Idul Fitri 1444 H di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 24 Maret 2023.

“Saya harapkan Kementerian lain dan swasta juga mengadakan mudik gratis minimal untuk kalangan mereka sendiri. Supaya apa? supaya tidak membebani apa yang kita programkan,” ujarnya.sinpo

Komentar: