Pilpres 2024

Didatangi Ketum Perindo dan PBB, Ini Nilai Plus Seorang Prabowo Subianto

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 07 April 2023 | 22:06 WIB
Prabowo saat sambut Hary Tanoe di Kertanegara (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo saat sambut Hary Tanoe di Kertanegara (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto makin menunjukkan diri sebagai capres yang diperhitungkan di Pilpres 2024. Hal ini terlihat saat Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyambangi Prabowo di rumahnya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menyebut, tidak dapat dipungkiri jika Prabowo memang saat ini tengah memperoleh atensi luas dari publik dan juga elite politik dalam beberapa bulan terakhir ini sebagai bakal capres. Prabowo dinilai paling memiliki peluang untuk terpilih di Pemilu 2024 mendatang.

Kunjungan dari kedua partai politik itu juga mengirimkan pesan politik betapa mereka menaruh harapan dapat bersama dalam satu koalisi dengan Partai Gerindra, di pemilihan presiden 2024.

"Selain lonjakan elektabilitas, nilai plus lain Prabowo Subianto di mata para elite politik terutama dari partai-partai politik di barisan koalisi pendukung pemerintah adalah, ia dipandang sebagai sosok paling tepat dalam melanjutkan program-program kebijakan Presiden Joko Widodo di masa mendatang," kata Bawono dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 7 April 2023.

Bawono menjelaskan, temuan survei dari Indikator Politik Indonesia selama beberapa bulan terakhir menunjukkan tren positif elektabilitas dari ketua umum Partai Gerindra tersebut. Apalagi elektabilitas sosok lain yang digadang maju dalam Pilpres 2024 juga cenderung stagnan, bahkan turun.

"Survei dari Indikator Politik Indonesia bulan Maret 2023 apabila dibandingkan dengan temuan survei bulan Februari 2023 menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami stagnasi. Kemudian tingkat elektabilitas Anies Baswedan cenderung mengalami penuruan. Sedangkan tingkat elektabilitas Prabowo Subianto mengalami tren peningkatan hampir tiga persen," paparnya.

Pandangan positif elite politik dan publik terhadap Prabowo Subianto sebagai figur paling cocok dalam melanjutkan program-program kebijakan Presiden Joko Widodo juga terbentuk dari sikap dukungan secara langsung dari Presiden sendiri. Dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi juga kerapkali mempromosikan Menteri Pertahanan tersebut sebagai calon Presiden potensial dalam pemilihan Presiden mendatang.

"Meskipun pernah menjadi rival pada dua pemilihan presiden terdahulu tapi Prabowo telah membuktikan kinerja dan dedikasi tinggi selama menjadi Menteri Pertahanan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin," pungkasnya.sinpo

Komentar: