Warna Institute: Sosok Ini Jadi Presiden Idaman Pemilih Perempuan

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 05 April 2023 | 16:12 WIB
Ilustrasi/SinPo.id/KPU
Ilustrasi/SinPo.id/KPU

SinPo.id -  Warna Institute menggelar survei terkait preferensi kaum perempuan terhadap pilihan partai politik (Parpol) dan tokoh sebagai calon presiden (Capres).

Survei ini mengambil sample sebanyak 2.280 kaum perempuan yang sudah memiliki hak pilih atau sudah berusia 17 tahun di 442 Kab/Kota di Indonesia.

Berdasarkan survei tersebut, presiden ke-8 yang dipilih oleh kaum perempuan jika pilpres digelar hari ini, dengan simulasi nama-nama tercantum dalam kuisioner maka mengerucut pada 2 nama teratas.

"Hasilnya nama Airlangga Hartarto dipilih sebanyak 32,8 persen, Prabowo Subianto 26,9 persen," kata Direktur Executive Warna Institute, Frika Faudilah dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 5 April 2023.

Sementara itu, beberapa nama lain yang beredar di publik hanya berada di bawah 10 persen. Anies Baswedan 7,3 persen, Ganjar Pranowo 7,1 persen, Puan Maharani 5,7 persen Muhaimin Iskandar 4,3  dan Agus Harimurti Yudhoyono 3,1 persen, yang tidak memilih 12,8 persen.

Kemudian, untuk bakal cawapres tokoh yang dipilih oleh Kaum perempuan maka nama Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur Jogyakarta menjadi tokoh yang paling banyak dipilih sebagai wapres dimana sebanyak 25,2 persen.

"Kemudian disusul oleh Ridwan Kamil 18,9 persen, Anies Baswedan 17,1 persen, Ganjar Pranowo 15 ,2 persen, Khofifah Indar Parawansa 13,3 persen, Heru Budi 9,1 persen, dan 1,2 persen yang tidak memilih," tutur dia.

Menanggapi hasil survei tersebut, pengamat Politik dan juga dosen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogjakarta, Ludiro Madu mengaku menarik dengan hasil tersebut.

“Survei WI yang mengunggulkan  Airlangga Hartarto sebagai sosok yang dipilih sebagai presiden 2024 merupakan hal yang sangat menarik, pasalnya kaum perempuan lebih memilih sosok pemimpin yang memahami ekonomi,” kata Ludiro.

Ludiro menyebutkan, saat ini pemilih kaum perempuan bukan hanya melihat sosok dari fisik, tetapi melihat dari kinerjanya yang dapat menangani masalah ekonomi.

Maka hal yang wajar jika Airlangga Hartarto menjadi urutan pertama dalam hasil survei WI, karena saat ini Airlangga telah menunjukkan kinerjanya sebagai menteri ekonomi dalam membantu Presiden Jokowi.

“Airlangga masuk urutan pertama dari survei WI, karena Ketum Golkar itu telah membuktikan kinerjanya sebagai menteri ekonomi dalam Presiden Jokowi," ucapnya.

Di sisi lain, Airlangga  mampu menjadi presiden 2024 yang didukung kaum perempuan karena dianggap mampu untuk melakukan program yang pro perempuan apalagi soal masalah ekonomi yang menjadi program unggul di pemerintah Jokowi.

”Airlangga dapat dukungan kaum perempuan karena dianggap mampu untuk melakukan program ekonomi yang pro perempuan seperti yang di unggulkan pemerintah Jokowi,” ucapnya.


sinpo

Komentar: