KOLEKSI MUSEUM LONDON

Batu Akik Koleksi Mineralogi Museum London Terbentuk di Dalam Telur Dinosaurus

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 02 April 2023 | 14:58 WIB
Batu akik di Museum Sejarah Alam London (SinPo.id/ The Natural History Museum London)
Batu akik di Museum Sejarah Alam London (SinPo.id/ The Natural History Museum London)

SinPo.id - Tim peneliti mengatakan spesimen batu akik berbentuk bulat dari India yang terdaftar di Koleksi Mineralogi di Museum Sejarah Alam London sekitar 140 tahun lalu, rupanya terbentuk di dalam telur dinosaurus berusia 60 juta tahun.

Berdasarkan penelitian, telur tersebut kemungkinan milik Titanosaurus. Terlebih awal tahun ini, hampir 100 sarang Titanosaurus di India diidentifikasi dan didokumentasikan secara komprehensif.

Kurator mineral di museum, Robin Hansen, membawa spesimen tersebut ke para ahli dinosaurus, yakni Paul Barrett dan Susannah Maidment. Kemudian mereka sepakat bahwa batu akik itu terbentuk dari telur dinosaurus, karena tekstur luarnya mirip tekstur telur.

“Batu bulat misterius tersebut diidentifikasi dan dikatalogkan dengan benar sebagai batu akik pada tahun 1883 menggunakan pengetahuan ilmiah yang tersedia pada saat itu. Baru sekarang kami menyadari bahwa spesimen ini memiliki sesuatu yang istimewa, batu akik telah mengisi struktur bola ini, yang ternyata menjadi telur dinosaurus," kata Hansen, dilansir dari Gizmodo, Minggu 2 April 2023.

Menurutnya, kemungkinan batu akik dalam telur tersebut terbentuk karena aktivitas gunung berapi di wilayah tersebut. Tak lama setelah telur diletakkan, letusan gunung berapi mungkin telah menutupi cangkang telur, sehingga air yang kaya silikat larut ke dalam kulit telur yang diawetkan, dan membentuk batu akik.

"Spesimen fosil yang luar biasa ini merupakan versi mewah dari cangkang moluska ammolit, yang menjadi warna-warni dalam keadaan fosilisasi tertentu," ungkapnya.sinpo

Komentar: