SILATURAHMI RAMADAN PAN

Jokowi Curhat, Dibuat Pusing Dua Minggu Gegara Urusan Bola

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 02 April 2023 | 14:39 WIB
Presiden Joko Widodo saat acara Silaturami Ramadan PAN (SinPo.id/ PANTV)
Presiden Joko Widodo saat acara Silaturami Ramadan PAN (SinPo.id/ PANTV)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku dibuat pusing karena mengurusi sepak bola setelah Indonesia dicoret FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Tapi yang urusan bola ini memang, pusing saya dua minggu ini gara-gara bola, pusing betul,” kata Jokowi di Kantor DPP PAN, di Jakarta, Minggu, 2 April 2023.

Jokowi memaparkan, proses Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 melalui proses yang panjang dan melalui berbagai tantangan. Ditambah lagi, selain Indonesia ada puluhan negara lain yang juga ikut mengajukan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

“Lobi sana lobi sini, menyampaikan kesiapan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas kita. Akhirnya terakhir tiga negara dan kita dipilih," ujarnya.

Mantan Walikota Solo itu menyebut, setelah terpilih sebagai tuan rumah Piala dunia U-20, kemudian selama tiga tahun mempersiapkan berbagai fasilitas.

"Kita menyiapkan tiga tahun, lapangannya dicek, perbaiki, dicek lagi, diperbaiki, dicek lagi. Tidak semudah itu,” ucap Jokowi.

Namun demikian, lanjut Jokowi, Indonesia di coret sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20, dan itu sudah menjadi kehendak Tuhan.

“Itu sudah menjadi kehendak Allah, kita terima sebagai sebuah pembelajaran ke depan agar tidak terjadi lagi. Itu saja yang bisa kita ambil pelajaran dari urusan bola, tapi, haduh, pusing betul ngurus bola,” tandasnya.

Seperti diketahui, Indonesia dicoret federasi sepak bola dunia atau FIFA sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada Rabu 29 Maret 2023. Awalnya, Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung di enam kota di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.sinpo

Komentar: