Timnas Israel Ditolak Main di Piala Dunia U-20

Soal Polemik Penolakan Timnas Israel, DPR Minta Pemerintah Cari Solusi Terbaik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 28 Maret 2023 | 19:55 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati. (SinPo.id/PAN)
Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati. (SinPo.id/PAN)

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati meminta pemerintah mencari solusi atas polemik penolakan tim sepak bola Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 di Indonesia. Pemerintah diharap tak tutup mata dengan aspirasi publik terkait persoalan ini.

"Menurut saya, polemik penolakan timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 mendatang oleh sebagian masyarakat kita, harus mendapat perhatian oleh pemerintah," kata Dewi kepada SinPo.id, Jakarta, Selasa, 28 Maret 2023.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menekankan aspirasi masyarakat harus direspons serius oleh pemerintah. Sekalipun, hal yang ditolak publik berdampak pada kepentingan golongan mana pun.

Dewi mengingatkan fakta di lapangan, penolakan timnas Israel bermain di Tanah Air terus bergulir. Menurut dia, sikap acuh pemerintah terhadap penolakan itu bakal menimbulkan polemik baru, bahkan berdampak ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

"Jika dalam hal ini pemerintah menutup mata, justru akan menimbulkan isu tidak percaya yang berdampak kepada perpecahan di masyarakat," kata dia.

Untuk itu, Dewi mendorong agar pemerintah benar-benar serius merespons penolakan tersebut. Pemerintah bahkan harus memiliki jalan keluar yang tidak mengecewakan publik namun tetap menjaga muruah negara di mata dunia.

"Pemerintah harus merespons dengan baik dan bijak, dan menemukan win-win solution yang bisa menenangkan gejolak penolakan di masyarakat dan juga tetap menjaga kredibilitas Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20," kata dia.sinpo

Komentar: