TBRC : Masyarakat Pilih Sosok Ini Jadi Simbol Pemersatu

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 27 Maret 2023 | 12:24 WIB
Ilustrasi/SinPo.id/KPU
Ilustrasi/SinPo.id/KPU

SinPo.id -  Survei Timur Barat Research Center (TBRC) merilis hasil survei mereka terkait elektabilitas calon presiden (capres) menjelang Pemilu 2024. Dalam temuannya, Chaerudin Affan selaku Direktur Eksekutif TBRC menjabarkan bahwa dari sejumlah capres yang beredar ada dua nama yang sejauh ini menguat elektabilitasnya di masyarakat.

"Hasilnya Airlangga Hartarto menempati posisi pertama dengan tingkat keterpilihan sebesar 34,6 persen disusul Prabowo Subianto 28,2 persen," ujar Affan dalam keterangan tertulisnya, Senin, 27 Maret 2023.

Beberapa nama capres lain yang beredar justru jauh berada dua nama tersebut. Anies Baswedan 7,6 persen, Ganjar Pranowo 7,2 persen dan Puan Maharani 6,8 persen dan tidak memilih sebanyak 15,6 persen.

Affan pun menjabarkan, ada sejumlah hal yang membuat Airlangga dan Prabowo unggul ketimbang capres yang lain.

"Airlangga unggul dalam kategori atribusi kepemimpinan sebagai sosok yang mampu mengelola perekonomian nasional," jelas dia.

Berdasarkan hasil survei, para responden menilai hal ini berdampak pada peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat sebesar 89,3 persen, mampu diterima semua kalangan 88,3 persen, menjaga toleransi 88,7 persen dan mendorong solidaritas sosial 87,8 persen.

"Sementara Prabowo unggul dalam atribusi menjaga stabilitas keamanan 67,2 persen dan menguasai persoalan politik luar negeri 49,2 persen," paparnya.

Kata Affan, rendahnya elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan karena kesan dan persepsi publik terhadap keduanya menjadi sumber dan bagian terjadinya polarisasi dimasyarakat,

"Hal ini terekam oleh kesan-kesan dan pendapat netizen pendukung kedua tokoh  ini di dunia medsos yang menyebabkan masyarakat terpolarisasi  sangat kuat sekali," jelas dia.

Adapun survei ini dilakukan pada periode 7-21 Maret 2023 dan digelar di 33 provinsi dengan melibatkan 2.280 responden yang sudah memiliki hak pilih atau sudah berusia 17 tahun.

TBRC mengklaim survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,01 persen.

Menanggapi hasil survei tersebut, Direktur eksekutif, Research Center for Forensic Accounting (Rcfra) Banten, Bambang Arianto mengatakan Airlangga berkinerja bagus dalam hal penguatan fundamental ekonomi bangsa.

"Ada prakerja, ada bantuan untuk UMKM sehingga stimulus tersebut jelas mendongrak ekonomi rakyat yg tengah berhenti akibat pandemi," kata Bambang kepada awak media Senin, 27 Maret 2023.

"Berkat kebijakan ekonomi Airlangga, sektor UMKM kita tumbuh meski selama pandemi sangat terpuruk," ucap Bambang.sinpo

Komentar: