TIPS PUASA

Lima Tips Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 23 Maret 2023 | 06:40 WIB
Ilustrasi bulan Ramadhan. (Pixabay)
Ilustrasi bulan Ramadhan. (Pixabay)

SinPo.id -  Selama berpuasa, penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Terlebih padatnya rutinas sehari-hari seperti bekerja, belajar, dan lainnya. 

Berikut lima tips untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, selama menjalankan rutinitas sehari-hari saat berpuasa di bulan Ramadan

Melansir Halodoc, berikut tips sehat saat puasa yang perlu kamu ketahui: 

• Makan dengan Porsi Cukup

Seseorang akan cenderung “rakus” saat waktunya berbuka puasa. Hal tersebut umum terjadi karena seharian tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun. Jika makan berlebihan dilakukan, akan berujung pada sakit perut karena kram atau diare. Wajar saja hal tersebut terjadi, karena dipaksa bekerja keras mengolah makanan setelah beristirahat seharian.

Jadi, supaya sakit perut tidak terjadi, kamu harus berbuka dengan menu makanan ringan, serta air putih terlebih dulu. Kemudian baru dilanjutkan makan dengan porsi yang cukup. Jangan lupa untuk menghindari makanan pedas dan asam saat berbuka, karena akan memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan mual.

• Perbanyak Air Putih

Saat cuaca sedang panas, tantangan terbesar orang yang berpuasa adalah menahan rasa haus. Jika kamu kurang mengonsumsi air putih, maka tubuh bisa saja mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan gangguan ginjal. Agar puasa tidak membuat kamu mengalami sejumlah penyakit tersebut, tips sehat saat puasa selanjutnya adalah mengonsumsi cukup air putih.

Cukupi kebutuhan cairan tubuhmu saat sahur, berbuka puasa, setelah shalat tarawih, serta menjelang tidur. Lakukan dengan pola 2-2-2-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat setelah tarawih, 2 gelas saat hendak tidur, serta 2 gelas saat sahur. Jangan lupa untuk menghindari kafein saat sahur, karena dapat merangsang rasa haus yang berlebihan saat berpuasa. 

• Konsumsi Makanan Sehat

Tips sehat saat puasa selanjutnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dengan buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran termasuk makanan sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh guna menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

• Berolahraga

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Kamu dapat tetap berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang yang dilakukan selama 30 menit sebelum atau setelah berbuka agar tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak. Olahraga saat puasa mampu memberikan beragam manfaat, seperti menjaga kebugaran tubuh, sehingga tetap semangat beraktivitas meski sedang berpuasa.

• Tidur Cukup

Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari sakit saat puasa, stres, suasana hati yang buruk, serta membantu otak agar lebih fokus. Tidur cukup juga bisa menjadi sumber tenaga untuk berpuasa. Usahakan untuk mendapatkan waktu tidur selama 6-8 jam per harinya untuk mendapatkan manfaat yang telah disebutkan. 








sinpo

Komentar: