PEMBANGUNAN DI PAPUA

Jokowi Perintahkan TNI-Polri Kawal Pembangunan di Papua

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 21 Maret 2023 | 08:33 WIB
Presiden Jokowi saat rapat terbatas bersama jajaran pengamanan di Provinsi Papua (SinPo.id/ Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat rapat terbatas bersama jajaran pengamanan di Provinsi Papua (SinPo.id/ Sekretariat Presiden)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajaran TNI dan Polri turut mengawal pembangunan di Papua. Jokowi juga menekankan mengenai pentingnya integrasi program pusat dan daerah.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menggelar rapat terbatas bersama jajaran pengamanan di Provinsi Papua, Kota Jayapura pada Senin malam, 20 Maret 2023.

"Intinya beliau perintahkan kepada kita untuk bekerja secara lebih terintegrasi antara program-program pusat dengan program daerah, sehingga TNI, Polri betul-betul bisa mengawal seluruh kebijakan," kata Kapolri Listyo Sigit Parabowo dikutip siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 21 Maret 2023.

Sigit berkomitmen untuk mengawal seluruh  program pemerintah agar berjalan dengan baik. Menurutnya, keselarasan program tersebut ditekankan soal bagaimana mewujudkan serta meningkatkan kesejahteraan di wilayah Papua.

"Baik dari sisi pembangunan maupun dari sisi pemekaran semuanya bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyebut bahwa kehadiran personelnya di Papua dalam rangka mem-backup jajaran kepolisian. Khususnya dalam rangka melaksanakan operasi penegakan hukum membantu Polri.

"Ini semuanya, tentunya selain pengamanan perbatasan darat, perbatasan laut juga melaksanakan operasi mem-backup Polri dalam rangka penegakan hukum," papar Yudo.sinpo

Komentar: