Puan: Jaga Singkawang Sebagai Kota Paling Toleran

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 20 Maret 2023 | 21:31 WIB
Suasana dialog antara Puan dan warga Singkawang lintas etnis/Sinpo.id/Tim Media
Suasana dialog antara Puan dan warga Singkawang lintas etnis/Sinpo.id/Tim Media

SinPo.id -  Usai berkunjung ke Pondok Pesantren di Kabupaten Kubu Raya, Ketua DPR RI Puan Maharani bertolak ke Singkawang, Kalimantan Barat. Ia datang ke Kota Singkawang untuk berdialog dengan warga dari lintas etnis.

Pertemuan Puan dengan warga lintas etnis digelar di Vihara Tridarma Bumiraya, Kulor Singkawang, Senin, 20 Maret 2023.

Ia datang didampingi Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus yang juga merupakan Legislator dari Dapil Kalimantan Barat 2.

Kedatangan Puan disambut oleh atraksi Barongsai dari Komunitas Asoka di pintu gerbang Vihara Tri Dharma Bumiraya Kulor.

Usai penyambutan, Puan juga menandatangani prasasti di Vihara yang juga dikenal dengan nama Vihara Thai Pak Kung itu.

Sebanyak 3.000 warga hadir dalam pertemuan dengan Puan yang berasal dari etnis Dayak, Tionghoa, dan Melayu. Mereka yang datang bukan hanya dari Kota Singkawang saja, tapi juga dari Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

Di hadapan warga, Puan mengaku senang bisa datang ke Singkawang yang reputasinya sudah terkenal sebagai daerah yang menerapkan Bhinneka Tunggal Ika secara nyata di dalam kehidupan masyarakat.
 
“Hari ini saja kita yang berkumpul di sini sangat beragam. Ada masyarakat Dayak, ada masyarakat Tionghoa, ada masyarakat Melayu. Ini benar-benar Bhineka, juga benar-benar satu,” tutur Puan.
 
Puan juga menyinggung Indeks Kota Toleran tahun 2021 yang menyebut Kota Singkawang sebagai kota paling toleran se-Indonesia.

“Kota Singkawang, masyarakat Singkawang benar-benar Bhinneka Tunggal Ika. Saya 20 tahunan muterin Indonesia, salah satu kota yang sangat berwarna dan toleransi berjalan itu ya Singkawang. Jangan sampai terpecah belah ya, kita semua ini orang Indonesia apapun suku kita,” kata Puan.

Puan pun berpesan, toleransi yang indah di Singkawang terus harus dijaga jelang tahun politik. Dalam menghadapi Pemilu 2024, masyarakat Singkawang dan sekitarnya diminta untuk senantiasa menjaga kekompakkan.

“Sebagai Ketua DPR RI, saya berharap toleransi dan kerukunan yang ada di Singkawang ini agar terus menguat, terus berlanjut kemesraan di Singkawang, jangan sampai kemesraan di Singkawang berlalu,” ucap Puan.sinpo

Komentar: