PIlpres 2024

Elektabilitas Prabowo Tembus 33,4 Persen Ungguli Ganjar dan Anies

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 20 Maret 2023 | 08:48 WIB
Prabowo Subianto/Tim Media
Prabowo Subianto/Tim Media

SinPo.id -  Lingkaran Suara Publik (LSP) merelease hasil survei nya terkait Elektabilitas pasangan calon (paslon) presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 secara virtual, Minggu, 19 Maret 2023. Survei Capres LSP, Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan tembus sebesar 33,4 persen disusul nama calon presiden Ganjar Pranowo sebesar 21,2 persen dan Anies Baswedan sebesar 20,4 persen.

Direktur Eksekutif LSP Indra Nuryadin memaparkan Prabowo semakin meningkat elektabilitasnya yakni sebesar 33,4 persen lantaran beberapa faktor, diantaranya Indra menyatakan bahwa kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi elektabilitas Prabowo unggul.

Selain itu, endorsement Jokowi terhadap Prabowo juga menjadi faktor terkuat lantaran beberapa kali Prabowo diajak untuk mendampingi kunjungan kerja Jokowi.

"Pertama, kinerja Prabowo yang masih moncer di bidang pertahanan. Tak dipungkiri Jokowi pun sering tampil memberi penghargaan kepada Prabowo dengan hadir pada beberapa acara Kemhan. Kedua, endorsement Jokowi terhadap Prabowo semakin intens.” papar Indra.

Selain itu, Indra juga memaparkan terdapat dua faktor lagi yang menyebabkan Elektabilitas Prabowo mengungguli Ganjar dan Anies yakni Musra Relawan Projo di berbagai Provinsi yang mendukung Prabowo sebagai Capres Utama.

“Faktor keempat, bergesernya dukungan organ relawan Jokowi yang mendukung Ganjar ke Prabowo dan terakhir semakin intensnya Prabowo menyapa tokoh-tokoh berpengaruh dan menyapa rakyat di basis-basis pemilihnya dulu semakin menaikkan keyakinan dan kepercayaan pilihan terhadap Prabowo," jelas Indra.sinpo

Komentar: