Jet Tempur Rusia Tabrak Pesawat Tak Berawak Milik AS di Atas Laut Hitam

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 15 Maret 2023 | 11:36 WIB
Pesawat tak berawak milik AS (US Air Force File)
Pesawat tak berawak milik AS (US Air Force File)

SinPo.id - Sebuah jet tempur Rusia menumpahkan bahan bakar ke pesawat tak berawak milik Amerika Serikat (AS) di atas Laut Hitam dan kemudian bertabrakan dengannya. Tabrakan itu menyebabkan pesawat tak berawak jatuh.

Komando Eropa AS mengatakan, dua pesawat tempur Su-27 Rusia mencegat MQ-9 Reaper tak berawak milik AS di atas perairan internasional dan memotong baling-balingnya.

“Beberapa kali sebelum tabrakan, Su-27 membuang bahan bakar dan terbang di depan MQ-9 dengan cara yang sembrono, tidak ramah lingkungan, dan tidak profesional,” kata militer AS, dikutip dari CNA, Rabu 15 Maret 2023.

Meski demikian, Moskow membantah telah menyebabkan jatuhnya pesawat tak berawak AS, yang menurut Pentagon merupakan misi rutin ISR (intelijen, pengawasan, pengintaian).

"Akibat dari manuver tajam, kendaraan udara tak berawak MQ-9 memasuki penerbangan tak terkendali, hingga kehilangan ketinggian dan bertabrakan dengan permukaan air," kata Kementerian Pertahanan Rusia, menambahkan bahwa kedua jet Rusia tidak memiliki kontak dengan pesawat AS.

Namun, Departemen Luar Negeri AS mengatakan telah memanggil duta besar Rusia untuk protes.

"Kami terlibat langsung dengan Rusia, untuk menyampaikan keberatan kami yang kuat atas pencegatan yang tidak aman dan tidak profesional ini, yang menyebabkan jatuhnya pesawat tak berawak AS," kata juru bicara Kemlu AS, Ned Price.

Sementara itu, menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, penyadapan Rusia di Laut Hitam adalah hal biasa. Namun jatuhnya pesawat tak berawak milik AS telah menjadi perhatian yang membuktikan betapa tidak profesionalnya Rusia.

Diplomat NATO di Brussel juga mengkonfirmasi insiden itu, tetapi mengatakan mereka tidak mengharapkan kasus itu meningkat menjadi konfrontasi lebih lanjut.sinpo

Komentar: