Prabowo Bisa Duet dengan Ganjar, Asalkan Dua Syarat Ini Terpenuhi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 13 Maret 2023 | 10:07 WIB
Prabowo Subianto bersama Ganjar Pranowo saat dampingi Jokowi tinjau panen di Kebumen (Istimewa)
Prabowo Subianto bersama Ganjar Pranowo saat dampingi Jokowi tinjau panen di Kebumen (Istimewa)

SinPo.id - Partai Gerindra terbuka menduetkan Ketua Umum Prabowo Subianto dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Hal itu bisa terealisasi dengan 2 syarat. 

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo menyebut syarat pertama adalah Ganjar harus bersedia menjadi calon wakil presiden, sedangkan Prabowo menjadi calon presidennya.

"Saya kira terbuka kalau Pak Ganjar mau ikut dengan Pak Prabowo, dengan catatan Pak Prabowo calon presiden," kata Hashim di acara deklarasi relawan Prabowo Mania 08, di Gedung Joeang 45, Jakarta, Minggu, 12 Maret 2023.

Menurut Hashim, Prabowo tidak mungkin menjadi calon wakil presiden. Apalagi, Prabowo jauh lebih senior dan memiliki segudang pengalaman dibandingkan dengan Ganjar.

"Pak Prabowo jauh lebih senior, 15 tahun lebih tua pengalamannya berbeda kan. Saya kira kalau Pak Ganjar mau ikut, mau diduetkan dengan Pak Prabowo, saya kira kami terbuka," ujarnya.

Untuk syarat kedua, kata Hashim, duet Prabowo-Ganjar bisa terealisasi jika mendapatkan persetujuan dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Restu dari Cak Imin sebuah keharusan mengingat Gerindra dan PKB sudah terikat janji politik. Yakni membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Kemungkinan itu terbuka kalau Pak Ganjar mau jadi (cawapres) tapi harus disetujui oleh PKB, kan begitu harus disetujui PKB," kata Hashim.

Prabowo Mania merupakan kelompok relawan pendukung Prabowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Kelompok relawan ini diisi oleh relawan Jokowi Mania, yang sebelumnya mendukung Presiden Jokowi pada Pilpres 2019.

 sinpo

Komentar: