Pengamat: Arah Dukungan Jokowi ke Prabowo-Ganjar Tak Lepas dari Kalkulasi Politik

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 10 Maret 2023 | 16:45 WIB
Prabowo Subianto bersama Ganjar Pranowo saat dampingi Jokowi tinjau panen di Kebumen (Istimewa)
Prabowo Subianto bersama Ganjar Pranowo saat dampingi Jokowi tinjau panen di Kebumen (Istimewa)

SinPo.id -  Ada pemandangan menarik kala Presiden Joko Widodo meninjau panen raya di Kebumen, Jawa Tengah beberapa hari lalu. Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Keduanya menjadi magnet, mengingat elektabilitas Prabowo dan Ganjar di sejumlah lembaga survei sangat unggul. Hal ini menimbulkan opini jika restu Jokowi di Pilpres 2024 jatuh ke keduanya.

Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam mengatakan, sinyal dukungan Jokowi pada Prabowo-Ganjar makin kuat. Puncaknya terlihat saat ketiganya hadir dalam panen raya di Kebumen.

Menurut Arif, sangat masuk akal bila Jokowi menjatuhkan restu ke Prabowo-Ganjar. Tentu Jokowi telah berhitung cermat soal peluang keduanya di Pilpres 2024.

"Restu Jokowi yang mengarah pada Prabowo-Ganjar saya kira juga tak lepas dari kalkulasi politik. Dimana paslon ini akan menang mudah dalam Pilpres," katanya.

Tak dapat dipungkiri, elektabilitas Prabowo dan Ganjar memang kerap di atas calon lain. 

"Jika restu Jokowi pada paslon Prabowo-Ganjar tentu berbasis kalkulasi politik. Selama ini memang dalam hasil berbagai survei Prabowo-Ganjar elektabilitasnya tak terbendung," ucap dia.sinpo

Komentar: