Reshuffle Kabinet

Pengamat Sebut Kemungkinan Besar Jokowi 'Tendang' Menteri NasDem dari Pemerintahan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 07 Maret 2023 | 13:00 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id -  Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia memperkirakan presiden Joko Widodo atau Jokowi akan 'Tendang' Menteri NasDem dari Pemerintahan. Perombakan besar pada Kabinet Indonesia Maju diyakini bakal terjadi demi mengakomodir kepentingan politik Jokowi pada Pemilu 2024.

"Rotasi besar itu paling mungkin menyasar kader NasDem, tetapi jika tidak terjadi maka NasDem sangat mungkin masih dalam kendali,” kata Dedi Kurnia, Selasa, 7 Maret 2023.

Tercatat, ada tiga anak buah Surya Paloh yang berada di barisan Jokowi. Mereka antara lain, Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Pengamat Politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menilai ada dua faktor menteri dari NasDem berpotensi direshuffle. Pertama, NasDem berkoalisi dengan partai politik (parpol) yang selama ini berseberangan dengan pemerintah.

"Kedua, Jokowi sendiri banyak keluarkan statment yang terkesan anti Anies, (capres NasDem Anies Baswedan,” kata Dedi menambahkan.

Dedi mencatat dalam sejumlah kesempatan, Jokowi lebih sering menyinggung pemcapresan beberapa nama lain. Di antaranya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Ketum Golkar Airlangga Hartarto.sinpo

Komentar: