Kebakaran Depo Plumpang, PKS Akan Panggil Erick Thohir dan Bos Pertamina

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 06 Maret 2023 | 10:47 WIB
Anggota Komisi VI DPR Fraksi PKS Nevi Zuairina (Parlementaria)
Anggota Komisi VI DPR Fraksi PKS Nevi Zuairina (Parlementaria)

SinPo.id -  Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI bakal memanggil Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati. Pemanggilan buntut terbakarnya depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

"Fraksi PKS akan memanggil Pertamina dan Menteri BUMN, untuk memberikan penjelasan, bila perlu kita bentuk Panja Investigasi,” kata anggota Komisi VI DPR Fraksi PKS Nevi Zuairina dalam keterangannya, Senin, 6 Maret 2023.

Nevi mengatakan penjelasan Menteri BUMN dan Dirut Pertamina menjadi penting lantaran kejadian tersebut banyak merenggut nyawa.

“Ini persoalannya sudah merenggut nyawa dan korbannya banyak. SOP Pertamina ketika terjadi kecelakaan perlu di investigasi, harusnya Zero Accident, kalau ada harus zero korban,” ujarnya. 

Di sisi lain, Nevi berharap Pertamina dapat memberikan kepastian distribusi BBM terjamin suplai ke SPBU-SPBU, khususnya di Jakarta. Pasalnya, depo Pertamina Plumpang ini menyuplai 20 persen kebutuhan BBM Indonesia.

"Mendesak Pertamina untuk menjelaskan perkara ini secara terbuka,” kata dia. 

Nevi juga menekankan pentingnya bantuan untuk korban meninggal dunia dan luka-luka imbas kebakaran depo Pertamina. Dia mengingatkan agar pemerintah dapat mengganti kerugian dari warga sekitar.

"Bantuan untuk korban meninggal dan luka. Mengganti kerugian warga yang menderita kerugian karena rumahnya terbakar,” ujarnya. 

Politikus PKS ini mengingatkan pemerintah untuk turut memberikan jaminan serta bantuan kepada pengungsi agar mendapatkan tempat yang layak.

"Menjamin pendidikan bagi anak-anak yang orang tuanya wafat akibat musibah ini,” tegas dia. sinpo

Komentar: