China Tetapkan Target Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen Tahun Ini

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 05 Maret 2023 | 09:52 WIB
Kongres Rakyat Nasional (NPC)/Reuters
Kongres Rakyat Nasional (NPC)/Reuters

SinPo.id -  Berdasarkan laporan kerja pemerintah, China telah menetapkan target sederhana untuk pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5 persen.

Target ini dicetuskan saat Kongres Rakyat Nasional (NPC) memulai sesi parlemen tahunannya.

Dalam laporan tersebut, Perdana Menteri China, Li Keqiang, mengatakan penting untuk memprioritaskan stabilitas ekonomi, serta menciptakan sekitar 12 juta lapangan pekerjaan di perkotaan tahun ini.

Pasalnya, produk domestik bruto (PDB) China hanya tumbuh 3 persen tahun lalu. Pertumbuhan terburuk dalam beberapa dekade. Diakibatkan oleh pembatasan COVID-19 selama tiga tahun, krisis di sektor properti, tindakan keras terhadap perusahaan swasta, dan melemahnya permintaan untuk ekspor China.

Dilansir dari Reuters, sesi parlemen tahun ini akan menerapkan perombakan pemerintah terbesar dalam satu dekade saat Beijing menghadapi sejumlah tantangan di tengah upaya menghidupkan kembali ekonominya yang terpukul COVID.

Namun, Li dan sejumlah pejabat kebijakan ekonomi lainnya akan segera pensiun. Hal itu dapat memberi jalan bagi loyalis Presiden Xi Jinping, untuk memperkuat cengkeramannya pada kekuasaan ketika dia mendapatkan masa jabatan kepemimpinan ketiga.

Selama NPC, mantan ketua Partai Komunis Shanghai Li Qiang, sekutu lama Xi, diperkirakan akan dikukuhkan sebagai perdana menteri baru yang bertugas menghidupkan kembali ekonomi terbesar kedua di dunia itu.sinpo

Komentar: