Dave Laksono Minta TNI Tak Berlindung di Balik HAM dalam Melenyapkan KKB Papua

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 01 Maret 2023 | 17:00 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono/Instagram)
Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono/Instagram)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mengingatkan TNI-Polri agar tidak terus berlindung di balik pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dalam membumibanguskan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

TNI-Polri diminta segera bergerak menyelematkan Pilot Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY, Kapten Philips Max Mehrtens. TNI di bawah komando Panglima Laksamana Yudo Margono tidak boleh 'lembek' dengan gerakan separatis tersebut.

"Jangan terus berlindung di belakang khawatir akan HAM sehingga tidak dapat menyerang terbuka," kata Dave kepada SinPo.id, Jakarta, Rabu, 1 Maret 2023.

Politikus Golkar ini menekankan OPM tidak pernah peduli terhadap nasib Philips yang menjadi sandera. Perusuh itu bahkan selalu menganggap dirinya sebagai korban atas kekerasan yang dilakukan kelompoknya sendiri. 

"OPM jelas tidak peduli, mereka selalu memainkan posisi sebagai korban, padahal OPM adalah pelaku," kata dia.

Dia kembali mendorong agar Laksamana Yudo bisa segera menjalankan fungsi utamanya dan menginstruksikan para kepala staf dalam memimpin operasi pembebasan Philips. Dave yakin dengan jumlah prajurit TNI yang besar, OPM bisa dilenyapkan dari Bumi Cenderawasih, khususnya membebaskan Philips.

"TNI kita jumlahnya cukup besar dan peralatan tempur kita walaupun sering dikeluhkan, akan tetapi jauh lebih canggih dari OPM. Ini sudah menyangkut harkat dan martabat bangsa," tegas Dave.

Operasi pembebasan Pilot Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY, Kapten Philips Max Mehrtens, dari tangan KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya belum juga membuahkan hasil. Padahal, desakan dari banyak pihak agar TNI-Polri segera bergerak membebaskan Philips terus bergulir.sinpo

Komentar: