Polisi Coba Ungkap Motif Kasus Dua Perempuan Tewas Dicor di Bekasi Lewat Jejak Digital

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 01 Maret 2023 | 17:20 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko/Istimewa
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko/Istimewa

SinPo.id - Polisi mencoba mengungkap motif pembunuhan dua perempuan yang jasadnya dicor di sebuah rumah di Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi lewat penelusuran jejak digital.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan penyidikan dalam rangka mengungkap motif kasus pembunuhan masih terus dilakukan hingga sekarang.

Menurutnya, langah mencoba mengungkap motif pembunuhan lewat jejak digital dilakukan karena terduga pelaku yang berinisial P meninggal dunia.

"Motif masih didalami dalam proses penyidikan, karena motifkan didapat dari pelaku, terduga pelaku sejauh ini juga meninggal dunia, namun secara scientific kita akan lakukan," ujar Trunoyudo pada Rabu, 1 Maret 2023. 

Trunoyudo bilang, polisi bakal membongkar jejak digital yang dimiliki terduga pelaku, termasuk menelusuri percakapan korban di telepon seluler atau handphone.

"(Penelusuran) secara digital forensik dalam transkrip pembicaraan dan kemudian berdasarkan pada keterangan saksi saksi," tuturnya.

Lebih lanjut, Trunoyudo menyatakan, bahwa untuk korban sendiri sudah diberikan kepada pihak keluarganya dan sudah dilakukan proses pemakaman. 

"Identitas korban, yaitu bernama YP (46) dan HP (47) warga Cakung, Jakarta Timur, yang saat ini sudah diserahkan kepada pihak keluarga, dan kemudian sudah dimakamkan. Namun hasil otopsi tentunya menjadi bagian daripada scientific untuk melakukan proses penyidikan ini," kata Trunoyudo.

Sebelumnya, dua perempuan ditemukan tewas dan jasadnya dicor di bawah tangga rumah di Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Senin, 27 Februari 2023.

Kedua korban merupakan warga Cakung, Jakarta Timur dan masing-masing berinisial YP (46) dan HP (47). Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, keduanya sempat berpamitan kepada keluarganya karena ingin mengikuti pengajian pada Minggu, 26 Februari 2023.

Namun, keduanya tidak kunjung pulang ke rumahnya masing-masing hingga akhirnya ditemukan dalam keadaan tewas dengan jasad dicor semen.

Di sisi, dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan, polisi juga turut menemukan bukti pembelian semen yang digunakan untuk mengecor kedua jasad perempuan tersebut.

Sejauh ini, pria berinisial P yang ditemukan dalam kondisi berlumuran darah di lokasi diduga sebagai pelaku. Namun, P saat ini telah meninggal dunia.sinpo

Komentar: